Widebody Kit Honda Civic Nouva ini Hasil Kolaborasi Desainer West Coast Customs

  • Oleh :

Senin, 12/Okt/2020 20:00 WIB


SoundandMachine (Jakarta), 11 Oktober 2020 - Nama West Coast Customs tentu tidak asing bagi para antusias modifikasi era 2000-an, terutama bagi para penonton acara TV zaman dahulu yang sempat tayang di TV swasta Indonesia yaitu MTV Pimp My Ride.

Sepertinya nama West Coast Customs akan kembali terangkat setelah lahirnya sebuah modifikasi mobil hasil kolaborasi antara konseptor modifikasi Pengepul Mobil dengan Musa Tjahjono, Head of Designer rumah modifikasi West Coast Customs di California, Amerika Serikat yang berasal dari Surabaya.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Kolaborasi antara Pengepul Mobil dengan Musa Tjahjono melahirkan sebuah widebody kit untuk Honda Civic Nouva (EF) yang tampil di Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 pada tanggal 10/10/2020 silam.

Jacki "Pengepul Mobil" (foto: IMX)

Saya merasa senang bisa berkolaborasi dengan Musa Tjahjono. Karena biasanya dia membuat konsep desain untuk artis-artis dan film-film Hollywood, namun kali ini bisa mendesain untuk mobil ini, ulas Jacki dari Pengepul Mobil.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Civic EF di beberapa negara barat dianggap sebagai salah satu model Honda legendaris yang sedang diincar para pemain modifikasi dan balap. Mobil ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam soal desain, bobot yang ringan, serta konstruksi kaki-kaki yang tangguh.

Musa Tjahjono (foto: IMX)

Kami melihat Civic EF adalah salah satu model Honda hatchback yang terlupakan sejak ada Civic EG (Estilo), padahal EF memiliki potensi sebagai bahan modifikasi." bilang Musa. "Maka kami pun mau membuktikan dengan widebody kit ini Civic Nouva bisa tampil keren juga." tambahnya

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Paket widebody untuk Civic Generasi keempat yang beredar medio 1987-1991 antara lain front bumper, front lip, front widebody fenders, side skirts, rear widebody fenders, serta rear bumper with diffuser.

Maka kami pun mau membuktikan dengan widebody kit ini Civic Nouva bisa tampil keren juga, bilang Musa Tjahjono yang merupakan lulusan universitas bergengsi dalam ranah desain, Art Center College Design of Pasadena di California, Amerika Serikat.

(foto: IMX)

Desain widebody kit tersebut diinspirasi dari mobil-mobil balap DTM (Deutsche Tourenwagen Masters) atau balap mobil touring di Jerman.

(foto: IMX)

Saya berpikir kalau mobil DTM punya body kit dengan garis-garis tegas yang juga bisa diterapkan ke Civic EF yang bentuknya kotak, supaya aerodinamikanya meningkat, jelas pria lulusan Art Center College Design of Pasadena di California, Amerika Serikat.

(foto: IMX)

Proses pembuatan widebody kit ini menggunakan teknologi 3D printing untuk mendapatkan tingkat kepresisian tinggi saat dipasang ke mobil.

Di mana ada ribuan potongan widebody kit yang digabungkan sebelum dicetak ke bentuk jadinya. Teknologi 3D printing ini membutuhkan waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat, terbukti hanya dalam waktu 1 bulan konsep widebody kit Civic Nouva EF ini selesai dikerjakan.

Widebody kit ini akan diproduksi secara eksklusif dan dipasarkan ke seluruh dunia dan dikerjakan sepenuhnya di dalam negeri.

Sistem pembeliannya melalui pesanan terlebih dahulu via Instagram direct message ke akun @pengepul_mobil. Untuk harga, paketnya dijual seharga 2.500 USD atau sekitar 36,8 juta Rupiah di luar pengecatan dan pemasangan.

IMX selalu memberikan panggung bagi para pelaku industri modifikasi dan aftermarket untuk mengenalkan merek atau produk barunya kepada khalayak, baik dalam bentuk kolaborasi atau peluncuran secara eksklusif, dengan tujuan mengerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Indonesia.

"Maka kami sangat mengapresiasi peluncuran widebody kit kolaborasi Musa Tjajono dengan Pengepul Mobil yang akan menambah satu lagi produk modifikasi lokal yang akan mendunia. Selamat!, tutup Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Teruslah berkarya untuk bangsa. (Joule)

Tags :