Setelah WEC, Toyota Juara Umum World Rally Championship 2020

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 09/Des/2020 15:42 WIB


SoundandMachine.com (Monza, Italia). 7 Desember 2020 – Di tahun 2020 kemenangan Toyota dalam ajang motorsport federasi otomotif internasional (FIA), setelah World Endurance Championship (WEC), giliran World Rally Championship (WRC).

Kemenangan Toyota di WRC bukan hanya melengkapi prestasinya untuk tahun 2020 tetapi juga mengulangi sejarah kejayaan sebagai merk Jepang pertama juara umum pada tahun 1990.

Baca Juga:
Belum Resmi Dijual, Estimasi Harga Toyota All New Yaris Cross Mulai Rp 300 sampai 400 Jutaan

Pasangan pereli dan navigator yang juara umum WRC 2020 adalah Sebastien Ogier dan Julien Ingrassia dengan Toyota Yaris WRC-nya.

Selama musin WRC 2020, Ogier mendapat peringkat kedua sekali di Monako, peringkat keempat sekali di Swedia, peringkat ketiga dua kali di Estonia dan Italia, retire sekali di Turki, dan peringkat pertama di Mexico dan Italia (Monza) yang notabene ronde terakhir.

Baca Juga:
Tambah Model SUV Baru Lagi, Toyota All New Yaris Cross Perluas Segmen Elektrifikasi di Indonesia

Kemenangan Toyota dalam ajang WRC untuk era Yaris bukan tahun ini saja sebab tahun 2019 juga juara umum dengan pasangan pembalap-navigator, Ott Tanak dan Martin Järveoja.

Baca Juga:
Paket Komplit untuk Mobilitas Ramah Lingkungan, Toyota Perkenalkan RAV4 GR Sport di JAW 2023

Jauh sebelum Yaris, Toyota sudah juara umum WRC dengan pasangan pembalap Carlos Sainz-Luis Moya pada tahun 1990 dan 1992, Juha Kankkunen pada tahun 1993, serta juara dalam kategori konstruktor pada tahun 1999.

Kemenangan Toyota di ajang WRC 2020 juga sekaligus kado perpisahan bagi Tommi Makkinen selaku principal tim karena akan menjadi motorsport advisor.

“Peran dia untuk tahun depan akan menjadi penasihat motorsport. Dia akan terus mendukung Toyota untuk membuat mobil lebih baik.” ungkap Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation.

Secara keseluruhan, untuk tiga tahun terakhir Toyota juara umum WEC tiga kali dan WRC sebanyak dua kali berturut-turut.

(Joule)