Yuki Tsunoda Resmi menjadi Pembalap Baru Scuderia Alphatauri Honda di Musim Balap F1 2021

  • Oleh : ADV

Minggu, 20/Des/2020 11:32 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) - Menghadapi musim balap 2021, Honda mengumumkan bahwa Yuki Tsunoda, yang merupakan anggota dari program Honda’s Junior Driver akan berlomba di kejuaraan dunia Formula 1 (F1) bersama tim Scuderia AlphaTauri.

Pembalap asal Jepang berusia 20 tahun dari Kanagawa ini, juga merupakan anggota Red Bull Junior Team. Pada tahun 2020, ia membalap untuk tim Carlin di kejuaraan FIA Formula 2 (F2), yang dianggap sebagai seri feeder utama sebelum menuju Formula 1.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Sepanjang musim 2020, Yuki berhasil meraih tiga kemenangan serta naik podium sebanyak empat kali. Ia mengakhiri musim balap di posisi ketiga klasemen pembalap, sekaligus memastikan memiliki cukup poin untuk mendapatkan lisensi super untuk membalap di Formula 1.

Yuki juga sebelumnya sudah menyelesaikan sesi tes di mobil Formula 1, di sirkuit Imola pada bulan November 2020 lalu dengan mobil spek tahun 2018. Ia juga kemudian baru saja menyelesaikan sesi Young Driver Test di Abu Dhabi dengan mobil spek AlphaTauri tahun 2020 ini.

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

Pembalap binaan Honda

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Takahiro Hachigo sebagai President, Representative Director and CEO of Honda Motor Co., Ltd. mengatakan, hal tersebut adalah mimpi yang menjadi kenyataan baginya dan pembuktian atas semua upaya yang dilakukan Honda dalam program pembalap mudanya. 

"Kami bangga dengan apa yang telah kami capai bersama sejauh ini dan berharap untuk mengikutinya di tahap selanjutnya untuk menjadi pembalap tercepat di dunia. Kami tahu tidak akan mudah bersaing di puncak motorsport, tetapi kami percaya pada kemampuannya," kata Takahiro.

Menariknya, Yuki Tsunoda merupakan pembalap Jepang pertama yang membalap di Formula 1 setelah Kamui Kobayashi di tahun 2014. Yuki Tsunoda juga menjadi pembalap Jepang pertama yang didukung Honda setelah Takuma Sato, yang berkompetisi di F1 dari 2002 hingga 2008.

"Red Bull telah mengikuti karir Yuki untuk sementara waktu sekarang dan saya yakin dia akan menjadi aset yang hebat bagi tim kami," kata Franz Tost sebagai Team Principal of Scuderia AlphaTauri Honda.

Menurutnya, Yuki telah menunjukkan perpaduan yang tepat antara agresi balapan dan pemahaman teknis yang baik. Selain itu, integrasinya dengan para insinyur Honda berjalan mulus, yang tentunya membantu," pungkas Franz. (EPS)