Untuk Balap tapi Legal Dipakai Jalan, Toyota Merilis Yaris Cup Car

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 23/Des/2020 23:44 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 11 Desember 2020 – Toyota melalui divisi balapnya yaitu Toyota Racing Development merilis varian motorsport mobil kompak Toyota Yaris yaitu Toyota Yaris Cup Car.

 

Baca Juga:
Paket Komplit untuk Mobilitas Ramah Lingkungan, Toyota Perkenalkan RAV4 GR Sport di JAW 2023

(sumber: TRD)

Baca Juga:
Ramah Lingkungan Tetap Fun to Drive, Toyota Luncurkan Corolla Cross Hybrid GR Sport di IIMS 2023

Yaris Cup Car dirilis untuk berpartisipasi dalam ajang balap TOYOTA GAZOO Racing YARIS Cup yaitu suksesor Netz Cup Vitz Racing di mana ada pembalap asal Indonesia yang sempat berpartisipasi yakni Alinka Hardianti.

 

Baca Juga:
Bukan LCGC Lagi, Toyota All-New Agya GR Sport Naik Kelas. Harganya Masih Terjangkau?

Meski lebih dirancang untuk motorsport, Yaris Cup Car tetap legal dipakai di jalan raya semenjak tetap mempertahankan jok 5 penumpang.

 

(sumber: TRD)

Seperti di foto rilisnya, pelek bawaan Yaris Cup Car merupakan steelie atau familiar disebut sebagai pelek kaleng yang sengaja dilakukan karena besar kemungkinan akan diganti sesuai preferensi tim balap.

 

 

(sumber: TRD)

 

Front transport strap dan rear transport hook yang berfungsi membantu proses evakuasi mobil apabila terjadi kecelakaan menjadi penegas bahwa Yaris Cup Car untuk keperluan motorsport.

 

(sumber: TRD)

 

Roll cage berdiameter 40 mm dengan enam struktur dasar-nya dirancang tanpa perlu dilas serta melepas jok belakang namun memenuhi regulasi Japan Automobile Federation kategori Speed B dan Speed SA yang berarti tetap mampu melindungi pembalap.

 

(sumber: TRD)

 

Selain itu untuk safety disediakan juga seatbelt 6 titik yang lebih menahan badan dan mounting anchor sudah dipasang bersamaan dengan waktu pengiriman.

 

(sumber: TRD)

 

Semenjak masih legal dipakai harian, karpet juga disediakan dan sudah dipotong mengikuti bentuk roll-cage-nya.

 

(sumber: TRD)

 

Suspensi Yaris Cup Car sudah dengan special tuning untuk sokbreker, per, dan stopper serta damping bisa diatur hingga 14 stages untuk pengendalian lebih baik dibanding standarnya. Ketika berjalan cepat, pernya akan turun 15 mm.

 

 

(sumber: TRD)

 

Yaris Cup Car tersedia transmisi manual 6-percepatan dan CVT dengan engine oil cooler yang dirancang khusus untuk masing-masing transmisi, yaitu pendingin udara 15-stage core untuk CVT dan berpendingin air untuk manual.

 

Sebagai opsi, TRD menawarkan Toyota Gazoo Racing Recorder untuk mendapatkan informasi performa selama berada di trek.

 

Untuk mesin tidak ada yang diubah, berarti tetap memakai M15A-FKS 3-silinder naturally-aspirated bertenaga 120 ps dan torsi 145 Nm.

 

Yaris Cup Car dibanderol 2.171.100 Yen atau sekitar 298,8 juta Rupiah untuk transmisi manual dan 2.380.100 Yen atau sekitar 327,5 juta Rupiah untuk transmisi otomatis.

 

(Joule)