Hanya Dibuat 3 Unit, Pagani Huayra Tricolore Dibanderol Rp 94 Miliar

  • Oleh : ADV

Selasa, 29/Des/2020 16:21 WIB


SoundandMachine.com (Italia) - Pagani baru saja meluncurkan hypercar anyar bernama Huayra Tricolore. Mobil tersebut, merupakan seri edisi khusus yang dibangun untuk merayakan ulang tahun ke-60 Frecce Tricolore.

Rencananya, Pagani hanya akan membuat Huayra Tricolore sebanyak tiga unit saja, dengan harga masing-masing unit memiliki harga dasar 5,5 juta Euro atau senilai Rp 94 miliar.

Baca Juga:
Pembalap F1 Lewis Hamilton Jual Pagani Zonda Miliknya, Ternyata Pesanan Khusus

Frecce Tricolore sendiri merupakan nama dari tim aerobatik Angkatan Udara Italia. Secara harfiah, Frecce Tricolore memiliki arti "Panah Tiga Warna". Pertama kali didirikan pada 1 Maret 1961, Frecce Tricolore kini menjadi salah satu tim aerobatik terkenal di dunia dengan sepuluh armada Aermacchi MB-339A P.A.N. jet.

Hanya dibuat 3 unit

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Pagani memberikan penghormatan kepada aerobatik Italia, karena 10 tahun lalu, mereka meluncurkan Zonda Tricolore, yang juga dibuat terbatas sebanyak tiga unit di seluruh dunia. 

Sebagai penghargaan terbarunya, Pagani sekali lagi menciptakan sesuatu yang benar-benar unik, dengan banyak sentuhan yang harus dipesan lebih dahulu untuk diterapkan pada Huayra berbasis roadster.

Rayakan hari jadi ke 60 tim aerobatik angkatan udara Italia

Pertama, terdapat splitter depan yang lebih menonjol dan menampilkan profil aerodinamis untuk memaksimalkan downforce. Bumper depan juga mendapat ekstraktor samping, guna meningkatkan efisiensi intercooler dan memastikan mesin V12 tetap dingin.

Bagian paling menarik lainnya, terletak pada bagian samping eksterior Huayra edisi khusus ini, yang memiliki garis tiga warna. Garis tersebut sama persis dengan milik tim Frecce Tricolori. Bagian unik lainnya adalah velg bergaya turbin dan rangka di sekitar intake udara samping dan lampu depan yang terbuat dari aluminium billet.

Indikator khusus untuk memantau kecepatan angin

Selain itu, terdapat juga air scoop baru yang memungkinkan aliran udara langsung ke mesin dan dirancang dengan garis yang mengarah ke sayap belakang, serta penyangga yang dibentuk meniru sirip ekor jet Aermacchi. 

Nuansa pesawat terbang ikut terbawa hingga interior. Di sana terdapat panel aluminium dan knop perseneling yang didesain khusus. Lambang Frecce Tricolore juga terdapat pada pengikat sabuk pengaman empat titik dan disulam di sandaran kepala. 

Pengunci sabuk pengaman dengan logo khusus

Sebagai tenaga penggerak, Huayra Tricolore dibekali mesin V12 twin-turbo 6.000 cc yang bersumber dari Mercedes-AMG. Mesin tersebut, sanggup menghasilkan tenaga sebesar 829 HP pada 5.900 rpm dan torsi 1.100 Nm dari putaran mesin 2.000 hingga 5.600 rpm.

Tenaga yang terbilang sangat besar itu, lantas di salurkan ke roda belakang melalui transmisi AMT transversal tujuh percepatan Xtrac dengan diferensial elektromekanis. (EPS)