Mobil Terasa Bergetar Saat Dikendarai? Segera Cek Bagian Ini

  • Oleh : edo

Sabtu, 02/Janu/2021 11:31 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Mobil yang stabil saat dikendarai dalam kecepatan rendah maupun tinggi, tentunya menjadi hal yang wajib untuk menambah kenyamanan dan keamanan berkendara.

Bisa dibayangkan bila bodi mobil bergetar saat melaju terutama di kecepatan tinggi, tentunya pengendara dan penumpang akan merasa cepat lelah. Belum lagi, terkadang pengemudi akan dihinggapi rasa khawatir akan kondisi mobil. 

Baca Juga:
Tingkatkan Kenyamanan Konsumen, Hyundai City Store Kedua Resmi Dibuka

Tentunya tidak enak bukan? Bila benar terjadi, sebenarnya komponen apa sih yang menyebabkan getaran tersebut di jalan? Mari simak ulasanannya seperti dikutip dari lama resmi Hyundai Indonesia.

1. Ban

Baca Juga:
Cara Unik Hyundai, Bantu Konsumen Terdampak Banjir

Ban terkadang bisa mengalami kerusakan seperti benjol. Hal ini bisa disebabkan karena ban pernah menghantam lubang dengan keras. Jika ban benjol, maka rasanya seperti melewati jalanan yang tidak rata setiap saat.

Baca Juga:
Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik Bertabur Teknologi Canggih

Ban wajib dalam kondisi prima

2. Balancing

Poin ini masih memiliki keterkaitan dengan ban dan velg. Pastikan ban dan velg sudah dalam keadaan balans, dengan melakukan balancing. Jika tidak, ban akan mengalami ketidakseimbangan sehingga akan bergetar pada kecepatan tinggi. 

Selain itu, jika ada penggantian velg pada kendaraan, pastikan ukuran center bore sama ataupun memiliki center ring agar velg tidak bergetar.

3. Kaki-kaki

Suspensi memegang peranan penting dalam meredam semua getaran dari jalanan ke mobil. Jika mobil bergetar atau mengayun tidak seperti biasanya, maka bisa melakukan pengecekan pada komponen suspensi. 

Bila tidak dalam kondisi prima, kaki-kaki bisa menyebabkan getar

4. Engine Mounting

Mounting pada mesin didesain untuk meredam getaran yang dihasilkan dari mesin. Bila sudah getas atau rusak, maka getaran tersebut tidak akan teredam dengan baik dan akan menggetarkan mobil secara keseluruhan. (EPS)