Pelek Forged Kuat Bukan Berarti Anti Rusak, Ini Penjelasannya

  • Oleh : Julfikri

Senin, 04/Janu/2021 14:32 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta), 4 Januari 2021 – Pelek yang dibuat dengan proses forged atau tempa, akhir-akhir ini menjadi pilihan para industri manufaktur karena selain ringan, kekuatannya bisa setara dengan pelek OEM pada umumnya bahkan lebih kuat.

 

Namun bukan berarti pelek forged “anti-rusak” karena kuat, dan juga bukan berarti “tidak kuat” semenjak lebih ringan dari pelek OEM pada umumnya.

 

Salah satu contohnya ketika YouTuber ternama Akbar Rais mengendarai Mini Clubman-nya di jalan tol Kanci-Pejagan mengarah ke Jakarta.

 

Dengan kecepatan wajar, di sekitar km 250 tanpa sengaja melewati lubang hingga mengakibatkan pelek Volk Racing ZE40 berbahan forged tersebut peyang kiri-kanan.

 

“Velg forged buatan Volk Racing itu peyang, ya tentu sebabnya karena menghantam lubang atau sesuatu dengan sangat keras.” buka Wibowo “Bowo” Santosa, Pemilik Gerai Pelek Permaisuri kepada SoundandMachine.com melalui WhatsApp (4/1/2021).

 

Dalam kasus tersebut menjadi pelajaran atau pengingat bagi pengendara pelek forged agar lebih berhati-hati dalam berkendara dan lebih baik jika memahami betul medan yang akan dilewatinya.

 

Pasalnya, pelek forged buatan manufaktur ternama sekalipun, akan ada batasan kekuatan yang menyebabkan pelek tersebut peyang, meskipun kalau sampai terjadi akibat melewati lubang berarti termasuk kuat dibanding pelek cetak, misalnya.

 

Kembali ke insiden yang dialami Akbar Rais, tentu tidak sepatutnya pengelola jalan tol membiarkan adanya lubang di jalan tol karena bisa membahayakan nyawa pengendara lain semenjak dirancang untuk berkecepatan tinggi.

 

“Pelek apapun tidak ada yang tujuannya dihantamkan ke lubang.” tutup Bowo.

 

(Joule)