Cara Mudah Membuat Radiator Mobil Makin Awet Ala Mitsubishi

  • Oleh : edo

Jum'at, 08/Janu/2021 17:52 WIB
ilustrasi pengecekan radiator mobil (ist) ilustrasi pengecekan radiator mobil (ist)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Boleh dibilang, radiator merupakan salah satu komponen paling vital dalam sebuah mobil. Perannya begitu penting, dalam sistem pendinginan mesin mobil. 

Sayangnya, perawatan terhadap radiator sering kali diabaikan oleh pemilik mobil. Padahal, bila radiator bermasalah dapat menyebabkan kerusakan fatal pada mesin, seperti overheat.

Jika mesin mobil sampai mengalami panas berlebih dan tetap dipaksa jalan hingga akhirnya mogok sendiri, maka nantinya Anda harus mengeluarkan biaya perbaikan yang jauh lebih besar, karena dipastikan komponen di dalam mesin harus diperbaiki alias turun mesin. 

Rawat radiator secara rutin agar terhindar dari kerusakan mesin

Sebetulnya, merawat radiator terbilang cukup mudah. Berikut ini tips dalam merawat radiator mobil ala Mitsubishi:

Cek air radiator secara rutin

Sebelum berkendara biasakan untuk mengecek air radiator, pastikan volume air radiator di posisi yang aman. Anda bisa mengecek dengan melihat level air radiator pada tabung cadangan. 

Usahakan air radiator di tabung cadangan ini posisinya di atas minimum dan di bawah maksimum, tidak boleh lebih dari posisi maksimum ya. Pastikan pula tidak ada kebocoran air radiator pada kendaraan dengan memeriksa kolong kendaraan.

Gunakan radiator coolant

Agar radiator mobil dapat punya umur panjang, maka sebaiknya gunakan radiator coolant. Hindari menggunakan pemakaian air keran, karena air keran ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga berisiko menimbulkan karat. 

Menggunakan radiator coolant

Bersihkan tangki radiator

Saat tiba waktunya mengganti cairan radiator, jangan lupa untuk membersihkan tangki radiator juga. Tentunya dengan membersihkan atau menguras air radiator ini akan membuat tangki terhindar dari korosi. 

Selain itu, manfaat membersihkan tangki radiator secara rutin adalah akan membuat temperatur mobil Anda terjaga dengan baik dan terhindar dari masalah yang umumnya terjadi seperti mesin overheat.

Cek tutup radiator

Seringnya pemilik mobil melupakan hal yang satu ini, yaitu tutup radiator. Pastikan tutup radiator tertutup dengan rapat sehingga cairan radiator coolant tidak bocor keluar saat menahan temperatur mesin yang panas. 

Selain itu, cek juga karet-karet pada tutup radiator ini, seiring usia biasanya karetnya akan getas dan tidak bisa menahan panas dari mesin mobil sehingga rentan mengalami kebocoran dari tutupnya ini. 

Cek juga beberapa hal penting seperti selang saluran radiator apakah masih normal atau sudah getas ya, kalau sudah keras itu tandanya sudah harus diganti. (EPS)