Peugeot Hybrid4 500kW, Jagoan Baru Peugeot di Ajang Balap Ketahanan

  • Oleh : ADV

Sabtu, 09/Janu/2021 10:07 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Peugeot baru saja merilis sosok hypercar, yang bakal berlaga di ajang kejuaraan FIA World Endurance Championship (FIA WEC) pada tahun 2022 nanti.

Bernama Peugeot Hybrid4 500kW, mobil cangih itu dikembangkan oleh Peugeot bersama Total. "Kedua tim, mengerahkan seluruh pengalaman dan keahlian mereka, membangun mesin Peugeot Hybrid4 500kW dan memenuhi standar regulasi pada ajang tersebut tersebut," tulis Peugeot.

Baca Juga:
Astra Hadirkan Compact SUV Peugeot 2008, Harga Tak Sampai Rp 500 juta

Sebagai informasi, Peugeot dan Total telah bekerjasama selama 25 tahun terakhir ini. Peugeot pun menjabarkan beberapa fitur kunci, dari mesin Peugeot Hybrid4 500kW yang akan tampil di ajang balap ketahanan nanti.

Baca Juga:
Ini yang Bikin Suspensi Peugeot 3008 & 5008 Active Tetap Nyaman

Miliki tenaga besar

Sesuai namanya, Peugeot Hybrid4 500kW dibekali teknologi Hybrid dengan mesin mid-rear V6 2.600 cc, twin turbo. Mesin tersebut, sanggup menghasilkan tenaga hingga 500kW atau setara dengan 680 HP.

Baca Juga:
Meski Belum Diresmikan, Peugeot 2008 Sudah Bisa Dipesan dengan DP Rp 49 Juta

Sementara motor listriknya, diletakkan di depan dengan output tenaga 200kW. Memiliki dua buah sumber penggerak, membuat Peugeot Hybrid4 500kW mampu menghasilkan tenaga sangat besar pada keempat rodanya, melalui gearbox tujuh percepatan.

Menariknya, pengemudi dapat mengatur kekuatan pada pedal rem saat deakselerasi, untuk meregenerasi tenaga listrik pada Hypercar tersebut. Hal ini menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan performa dan efisiensi Hypercar sangat tinggi.

Manajemen energi dan tenaga pintar yang menjadi salah satu kunci penghasil peforma tinggi. Sistem ini dikembangkan langsung di bawah supervisi Francois Coudrain yang merupakan Peugeot Sport’s WEC Program Powertrain Director.

Dikembangkan oleh Peugeot dan Total

"Arsitektur dari mesin Peugeot Hybrid4 500kW adalah hasil dari brief regulasi terbaru FIA WEC. Kami sebelumnya ingin menyematkan single turbo, namun hal tersebut menghalangi centre of gravity. Untuk itu kami menyematkan mesin twin-turbo V6 yang memberikan teknologi, berat, dan peforma optimal," tutur Francois.

Pengalaman Divisi Peugeot Sport dalam berbagai ajang balap kelas dunia telah memiliki sejarah tersendiri. Dalam lomba bergengsi uji ketahanan kendaraan, mereka pernah menghasilkan mesin V12 dan V8 yang disematkan pada Peugeot 908s. (EPS)