Ternyata, Inilah Sosok Mobil Penumpang Pertama yang Diproduksi Honda

  • Oleh : ADV

Rabu, 20/Janu/2021 12:19 WIB


SoundandMachine.com (Tokyo) - Setelah sebelumnya berkecimpung sebagai produsen sepeda motor roda dua di Jepang, pada tahun 1963 Honda mulai memproduksi kendaraan roda empat untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. 

Nah, kawan SoundandMachine sudah tahu belum, mobil apa yang pertama kali dibuat oleh Honda? Ternyata, mobil penumpang pertama yang diproduksi oleh Honda adalah Honda S500.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Mobil tersebut merupakan sebuah mobil sport dengan atap terbuka, yang memiliki kapasitas tempat duduk untuk dua orang. Honda S500 diluncurkan pertama kali di ajang Japan National Auto Show pada Oktober 1962, dan resmi dipasarkan di awal tahun 1963. 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

Tampilan belakang terkesan sporty

Sebagai tenaga penggerak, mobil ini mengusung mesin 4 silinder segaris berkapasitas 531 cc berpendingin air, yang telah menganut teknologi DOHC serta dikombinasikan dengan 4 karburator.

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Mesin yang digunakan, sanggup menghasilkan tenaga sebesar 44 HP pada putaran mesin 8.000 rpm, dengan torsi sebesar 44 Nm. Tenaga yang dihasilkan, lantas disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 4 percepatan.

Menariknya, Honda S500 bukan menggunakan gardan untuk menggerakkan roda belakangnya, melainkan menggunakan rantai. Honda mengklaim bahwa mobil dua pintu tersebut mampu melaju hingga kecepatan 129 km/jam. Cukup kencang untuk ukuran mobil kecil zaman itu.

Mesin cukup bertenaga

Honda S500 memiliki berat sekitar 725 kilogram, panjang keseluruhan bodi 3,3 meter, dan lebar antar roda 2 meter. Sistem suspensi yang digunakan untuk bagian depan adalah A-arms dan torsion bar dan untuk bagian belakang menggunakan trailing arm dan coil spring. 

Pada tahun 1964, Honda meluncurkan mobil produksi massal berikutnya yang dikembangkan dari basis Honda S500, yakni Honda S600 yang dengan kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 606 cc. 

Pada tahun 1965, versi coupe dari Honda S600 diluncurkan sebagai bentuk penyegaran pasar. Kemudian pada tahun 1966, mobil berjenis atap terbuka dan jenis coupe terus dikembangkan oleh Honda dan kali ini mengadopsi mesin berkapasitas 800 cc untuk memberikan tenaga yang lebih besar lewat produk Honda S800.

Bila kawan penasaran, mobil-mobil klasik produksi massal Honda di era 1960an ini dipajang dan dapat dilihat di Honda Collection Hall yang berlokasi di Motegi, Jepang. Pada tahun 2020 lalu, Honda Collection Hall juga dapat dikunjungi secara virtual melalui situs global.honda.com. (EPS)