Bila Muncul 5 Tanda Ini, Segera Ganti Kampas Rem Anda!

  • Oleh : ADV

Rabu, 20/Janu/2021 14:58 WIB
Ilustrasi kampas rem (ist) Ilustrasi kampas rem (ist)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Dalam sebuah mobil, peran kampas rem menjadi salah satu komponen yang sangat vital. Seperti diketahui, kampas rem berfungi sebagai pengehenti laju kendaraan dan termasuk dalam sebuah sistem pengereman.

Seiring dengan penggunaan, kampas rem dapat terkikis hingga habis. Hal ini dikarenakan cara kerjanya yang selalu menghentikan putaran dari roda, sehingga menyebabkan gesekan antara cakram dan kampas rem.

Baca Juga:
Brembo Kembangkan Sistem Pengereman Berteknologi Canggih

Oleh karena itu, bila kampas rem yang sudah habis tentu harus segera diganti agar kendaraan tetap prima, dalam memberikan keamanan dan kenyamanan. Kampas rem juga bisa saja bermasalah terlebih saat musim hujan seperti ini, karena komponen tersebut menjadi basah. 

Baca Juga:
Jangan Abai, Peranti Rem Mobil Juga Perlu Perawatan Loh!

Sistem pengereman

Kalau sudah habis, tentunya membahayakan keselamatan dalam berkendara. Kampas rem yang tidak segera diganti juga memicu kerusakan pada bagian komponen lainnya di kendaraan seperti suspensi, piringan cakram, power steering, hingga ban. 

Baca Juga:
Rem Mobil Matik Blong? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya!

Nah, biar tidak bingung, berikut ada sederet hal yang menandakan kampas rem sudah waktunya diganti, seperti dikutip dari laman resmi Mitsubihi:
 
1. Mengeluarkan bunyi

Ini merupakan tanda paling umum kampas rem sudah harus diganti. Saat kampas rem mobil mulai terkikis habis, akan muncul suara atau bunyi ketika mengerem. Ini bisa terjadi karena kampas rem memang sudah habis sehingga hanya menyisakan logam yang bergesekan langsung dengan piringan cakram.
 
2. Pijakan rem makin dalam
 
Tanda kampas rem mobil sudah harus diganti lainnya adalah Anda akan menginjak rem makin dalam. Ini juga menjadi ciri yang paling jelas kalau kampas rem sudah harus diganti. Tanda ini sangat mudah dikenali karena pengendara dapat merasakannya langsung.

Gunakan kampas rem atau brake pad berkualitas baik
 
3. Rem bergetar
 
Bila kampas rem mobil habis, akan timbul getaran-getaran ketika Anda mengerem terutama saat mengendarai pada kecepatan tinggi. Getaran-getaran yang terjadi biasanya dikarenakan kampas rem yang sudah habis sehingga menyebabkan permukaannya menjadi tidak rata. 

Hal inilah yang kemudian membuat terjadinya getaran-getaran yang berasal pada rem mobil. Bahkan jika kondisinya sudah lumayan parah, maka getaran tersebut dapat terasa hingga pada setir mobil.
 
4. Cairan rem berkurang
 
Apabila terjadi penurunan minyak rem, anda bisa langsung mengecek untuk memastikan bahwa kampas rem sudah harus diganti. Hal ini bukan disebabkan karena adanya kebocoran pada minyak rem melainkan karena kondisi kampas rem yang sudah habis. 

Sehingga, ketika Anda sudah mengganti kampas rem mobil, maka kondisi minyak rem mobil anda akan kembali normal.

Cairan rem berkurang bisa menjadi indikator
 
5. Kotor dari serbuk kampas rem
 
Munculnya serbuk kampas juga menjadi tanda bahwa kampas rem sudah harus diganti. Anda bisa mengeceknya di velg bagian dalam. Apabila sudah melihat adanya serbuk, sebaiknya Anda segera mengganti kampas rem tersebut demi keamanan dan keselamatan.

Biasanya, serbuk tersebut juga bisa disebabkan oleh penggunaan kampas rem dengan kualitas yang kurang baik. (EPS)