Brembo Kembangkan Sistem Pengereman Berteknologi Canggih

  • Oleh : ADV

Selasa, 26/Okt/2021 11:57 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Menyebut kata "Brembo", para pecinta otomotif pasti langsung membayangkan sebuah merek perangkat rem, yang terkenal dengan kualitas dan kinerjanya yang sangat baik.

Tak hanya mobil, Brembo yang didirikan sejak 1961 di Paladina, Italia tersebut, juga membuat perangkat rem berperforma tinggi untuk sepeda motor. Kini, seiring tren kemajuan teknologi otomotif, Brembo dikabarkan juga menyesuakan dengan menghadirkan sistem pengereman canggih.

Baca Juga:
Pamerkan Teknologi Pengereman, Pabrikan Rem Brembo jadi Jadi Partner Gran Turismo 7

Dinamakan Sensitify, sistem pengereman cerdas itu menggabungkan perangkat lunak canggih berdasarkan kecerdasan buatan, dengan komponen rem konvensional bermaterial khusus, yang menjadi ciri khasnya. 

"Diharapkan akan dipasarkan mulai 2024, sistem pengereman baru ini menawarkan keuntungan yang signifikan dan dapat digunakan untuk berbagai kendaraan," tulis Brembo dalam keterangan resminya.

Artinya, rem canggih itu dapat digunakan pada mobil untuk perkotaan hingga mobil sport, kendaraan komersial dan bahkan mobil balap, terlepas dari apakah kendaraan tersebut memiliki sistem penggerak listrik atau pembakaran internal.

Bila melihat cara kerjanya, sistem Sensify memungkinkan kontrol independen dari tekanan pengereman yang diterapkan pada setiap roda. Hal tersebut berkat penggunaan aktuator hidraulik pada setiap roda yang diaktifkan oleh electronic control unit (ECU).

ECU tersebut, secara konstan akan memantau parameter utama seperti gesekan permukaan jalan, massa kendaraan, distribusi berat, kecepatan kendaraan dan sudut kemudi. Nantinya, sepasang ECU akan mengontrol aktuator, dengan satu mengatur yang di depan, sementara yang lain menangani bagian belakang. 

Saat melakukan ujicoba di sebuah mobil Tesla yang dilengkapi Sensify, Brembo mengungkapkan bahwa ketika ECU menerima sinyal input, ia dapat menghitung gaya yang dibutuhkan oleh setiap roda dalam milidetik, sebelum mengirim perintah ke setiap aktuator.

Kecerdasan buatan sistem tersebut, bertindak untuk mencegah penguncian rem, dan sistem kontrol anti-selip serta meningkatkan traksi. Selain meningkatkan kontrol pengereman dan kemampuan beradaptasi, Brembo mengatakan Sensify lebih ringan dan berukuran kompak daripada sistem pengereman tradisional. 

Bukan itu saja, karena kemampuan sistem untuk beradaptasi dengan berat kendaraan, membuatnya cocok untuk kendaraan komersial yang memiliki muatan kargo yang bervariasi. Sepeda motor, yang lebih rentan terhadap perubahan berat dan permukaan jalan, juga dapat memanfaatkan sistem ini. (EPS)