Tercepat di Kelasnya, Mobil Listrik Porsche Taycan Turbo S Resmi Masuk Pasar Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Senin, 15/Feb/2021 15:51 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta), 13 Februari 2021 – Porsche Indonesia secara resmi meluncurkan sedan listrik tercepat di kelasnya yaitu Porsche Taycan Turbo S untuk pasar Indonesia.

 

Baca Juga:
Tawarkan Cicilan Terjangkau, Mandiri Utama Finance Jadi Mitra Resmi Pembiayaan Mobil Sport Porsche

Taycan Turbo S bukan hanya tipe tertinggi untuk mobil listrik Porsche tetapi juga tercepat di kelasnya sebagai mobil listrik dengan bodi 5 pintu. Nama “turbo” tetap dipakai yang melambangkan bahwa mobil tersebut merupakan tercepat di lini modelnya.

 

Baca Juga:
Hadir di GIIAS 2023, Porsche Indonesia Luncurkan Dua Model Baru Penakluk Segala Medan

 

Baca Juga:
Rayakan 75 Tahun Eksistensi Mereknya, Porsche Indonesia Adakan Festival of Dreams

Meski mobil listrik terkenal ekologis karena bebas emisi gas buang, Taycan Turbo S tetap menawarkan aspek performa sebagaimana khasnya dimulai dari performance battery plus dengan 93.4 kWh dan motor listrik bertenaga maksimum 560 kW (761 PS) dan torsi maksimum 1.050 Nm.

 

 

SIstem all-wheel drive Taycan Turbo S memiliki dua mesin listrik yang sangat efisien, yaitu di axle depan dan belakang, sehingga menjadikan mobil ini penggerak semua roda.

 

Selain itu transmisi dua percepatan yang dipasang di poros belakang merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Porsche.

 

Gigi pertama memberi lebih banyak akselerasi dari berhenti, sementara gigi kedua dengan rasio roda gigi panjang memastikan efisiensi setinggi cadangan dayanya.

 

Alhasil, powertrain seperti ini membuat Taycan S Turbo mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam selama 2,8 detik, 0-200 km/jam selama 9,6 detik, dan top speed 260 km/jam menurut klaim Porsche.

 

 

Sementara motor listrik tersebut memiliki driving range 390 – 416 km dan konsumsi tenaga 25.6 – 24.3 kWh/100 km atau 28.5 kWh/100 km untuk kombinasi NEDC.

 

Untuk waktu pengisian baterai Taycan Turbo S memiliki rentang waktu pengisian paling lambat 9 jam kalau 0-100% dengan listrik AC 11 kW, sementara paling cepat 5,5 menit dengan listrik DC 270 kW untuk 100 km dalam kondisi optimal.

 

Tenaga dan torsi maksimum yang begitu besar akan berada dalam kendali semenjak berpenggerak empat roda, spring Porsche Active Suspension Management (PASM) dengan adaptive air suspension with three-chamber air spring, rem ten-piston aluminium monobloc fixed caliper, dan sebagainya.

 

Sasisnya juga inovatif dari suspensi udara adaptif dengan teknologi Porsche Active Suspension Management (PASM), serta sistem stabilisasi roll elektromekanis Porsche Dynamic Chassis Control Sport (PDCC Sport) dan Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus).

 

 

 

Tentunya dikemas dengan styling yang bernuansa futuristik namun tetap memiliki identitas Porsche dengan sejumlah elemen dengan prinsip forms follow function. Begitu juga interior yang serba layar membuatnya minim tombol konvensional.

 

Selain Taycan Turbo S yang dibanderol mulai dari 6 Milyar Rupiah, Porsche Indonesia juga memasukkan semua varian, yang berarti akan hadir varian seperti S, 4S, dan sebagainya, dengan harga mulai dari 2,5 Milyar Rupiah.

 

Kekhawatiran yang menjadi isu bagi pemilik mobil listrik seperti soal pengisian daya tidak menyurutkan Porsche Indonesia untuk memasukkan Taycan secara resmi.

 

“Kenyataannya orang tetap mengendarai mobil listrik sejauh 100 km sehari-hari seperti ke kantor, dan sebagainya, kemudian melakukan pengisian di malam hari.” jelas Jason Broome, Managing Director Porsche Indonesia kepada SoundandMachine dalam pre-launch Taycan Turbo S di Pantai Indah Kapuk, Jakarta (12/2/2021).

 

(Joule)