Perjalanan Panjang Maybach Menjadi Salah Satu Mobil Super Mewah di Dunia

  • Oleh : ADV

Selasa, 16/Feb/2021 14:21 WIB


SoundandMachine.com (Stuttgart) - Kawan SoundandMachine pasti sudah kenal dengan salah satu mobil super mewah di dunia, yakni Maybach. Ternyata, merek tersebut sudah ada lebih dari 100 tahun yang lalu.

Perjalanannya dimulai oleh Wilhelm Maybach yang lahir di Heilbronn, Jerman, pada tanggal 9 Februari 1846 atau tepatnya 175 tahun lalu. Awal tahun 1850, keluarga Maybach pindah ke Stuttgart, kota dimana Wilhelm mengalami petaka yang besar.

Baca Juga:
Sangar! Ini Jadinya Kalau Desainer Louis Vuitton Bikin Sedan Maybach Ala Off-road

Pada tahun 1854 Maybach kehilangan ibunya dan dua tahun kemudian kehilangan ayahnya. Rekan-rekan keluarganya melakukan berbagai upaya untuk mencari rumah untuk Wilhelm sebagai anak yatim, termasuk memasang iklan surat kabar yang ditempatkan di 'Stuttgarter Anzeiger' pada tanggal 20 Maret 1856. 

Bakat di bidang teknik mulai terlihat sejak remaja

Wilhelm Maybach kemudian tinggal di Bruderhaus, Reutlingen, sebuah lembaga yang didirikan oleh Teolog protestan Gustav Werner dan istrinya Albertine. Bruderhaus menjalankan rumah, sekolah dan juga pabrik untuk para yatim piatu.

Pada awalnya, Wilhelm Maybach dilatih di Bruderhaus sebagai pembuat roti dan kue manis. Namun, Pendeta Werner melihat bakat keahlian teknik Wilhelm yang luar biasa dan memutuskan untuk mengasuhnya. 

Oleh karena itu, Maybach memulai program magang di departemen gambar pada pabrik mesin pada tahun 1861, serta mempelajari fisika dan pelajaran menggambar di fasilitas pelatihan lanjutan, dan matematika ketika sekolah menengah. 

Pada tahun 1863, Gustav Werner merekrut insinyur berusia 29 tahun Gottlieb Daimler, sebagai pengawas di "Vereinigte Werkstätten" Bruderhaus (bengkel gabungan). Pekerjaan Daimler di Reutlingen sebagai pengawas bengkel Maybach, mulai mengidentifikasi dan mengembangkan keterampilannya. 

Tahun 1872, keduanya mengambil pekerjaan baru. Daimler diangkat menjadi anggota dewan manajemen Gasmotoren-Fabrik Deutz AG. Perusahaan ini didirikan sebagai perseroan terbatas oleh Nicolaus August Otto dan keluarga pengusaha Langen serta Pfeiffer pada tahun yang sama.

Maybach kembali mengikuti Daimler untuk menjadi kepala departemen Deutz Design pada tahun 1873. Maybach bekerja untuk membawa mesin empat tak Otto menuju ke tingkat kematangan produksi. 

Daimler sudah memiliki visi mengenai mesin pembakaran yang kompak dan cepat yang juga cocok digunakan pada kendaraan-kendaraan saat dia bekerja di Deutz. Namun, pada akhirnya dia tidak dapat mewujudkan idenya di perusahaan tersebut. 

Membuat mobil yang dikembangkan dari dunia balap

Pada pertengahan 1882, Daimler meninggalkan Gasmotoren-Fabrik Deutz untuk mengejar karir wiraswasta di daerah Cannstatt yang berada di dekat Stuttgart. Pada April 1882, dia berhasil menandatangani kontrak kerja dengan Wilhelm Maybach.

Di sinilah Maybach dan Daimler mewujudkan impian para pionir otomotif tentang mobilitas bermotor "di atas air, di darat, dan di udara" menjadi nyata. Dari tahun 1882, sampel pertama mesin bensin yang bekerja cepat dikembangkan di rumah Daimler di Taubenheimstrasse 13. 

Pada tahun-tahun berikutnya hingga 1904, Maybach mengembangkan konsep kendaraan dari Mercedes Simplex 40 hp menjadi Simplex 60 hp dan Simplex 90 hp. Namun, setelah Daimler meninggal pada 6 Maret 1900, Maybach tidak dapat lagi mengandalkan dukungan di dalam perusahaan tersebut. 

Mobil untuk kaum miliuner

Tahun 1909, Maybach bersama dengan Count von Zeppelin mendirikan Luftfahrzeug-Motorenbau GmbH di Bissingen, Jerman. Setelah berakhirnya Perang Dunia Pertama, perusahaan yang dikenal sebagai Maybach-Motorenbau, menjadi perusahaan teknik otomotif. 

Mobil produksi seri pertama, Maybach 22/70 hp (W 3), dihadirkan pada tahun 1921 dan tetap diproduksi hingga 1928. Pada tahun 1922, Asosiasi Insinyur Jerman (VDI) memberikannya medali emas Grashof yang merupakan penghargaan tertinggi Asosiasi. 

Wilhelm Maybach meninggal dunia pada tanggal 29 Desember 1929. Ia dimakamkan di pemakaman Cannstatt's Uff, di mana tempat Gottlieb Daimler juga dimakamkan. Sebelum meninggal, Maybach sempat menyaksikan penerbangan kapal udara LZ 127 "Graf Zeppelin" keliling dunia. 

Pesawat itu digerakkan oleh mesin dua belas silinder Maybach, yang telah dirancang oleh sang putra, Karl Maybach. Pada tahun 1996, ia masuk dalam daftar "Automotive Hall of Fame" dan pada tahun 2004 masuk dalam “European Automotive Hall of Fame". Teknik otomotif di Maybach berakhir pada tahun 1941.

Namun, pada tahun 2002 nama legendaris tersebut terlahir kembali sebagai merek mewah yang pada saat itu bernama, Daimler Chrysler AG. Model seri 240 Maybach 62 dan sedan mewah Maybach 57 mendefinisikan kembali standar di puncak teknik otomotif.

Pada November 2014, Mercedes-Maybach S-Class (model seri 222) merayakan kemunculan perdana dunianya. Sejak saat itu, merek ini dikenal sebagai kendaraan yang sangat eksklusif, memberikan tingkat kenyamanan yang unik dan desain elegan, berdasarkan teknologi mutakhir. 

Debut Mercedes-Maybach S 600 Pullman (2015) dan S 600 Pullman Guard dengan perlindungan khusus (2016) juga menjadi pusat perhatian. Mercedes-Maybach S-Class model seri 223 telah melanjutkan tradisi kemewahan ini sejak akhir tahun 2020. 

Di Indonesia, Mercedes-Maybach S 560 saat ini dilengkapi dengan mesin 3.982 cc V8 bertenaga 469 hp dan tersedia dengan harga Rp 6.715.000.000 dalam kondisi off the road. (EPS)