Sangar! Ini Jadinya Kalau Desainer Louis Vuitton Bikin Sedan Maybach Ala Off-road

  • Oleh : ADV

Sabtu, 04/Des/2021 12:11 WIB


SoundandMachine.com (Miami) - Kolaborasi antara dunia otomotif dengan fashion, sering kali menghasilkan sebuah karya yang sangat menarik. Seperti yang dilakukan oleh Mercedes-Benz dan Virgil Abloh, Chief Creative Director, pendiri Off-White dan Mens Artistic Director Louis Vuitton.

Baru-baru ini, kerjasama keduanya menghasilkan sebuah konsep sedan listrik, yang memiliki tampilan radikal ala mobil off-road. Meski tampil sangar, namun sedan tersebut tetap mencuatkan aura kemewahan khas Maybach.

Baca Juga:
Perjalanan Panjang Maybach Menjadi Salah Satu Mobil Super Mewah di Dunia

Sedan ini merupakan hasil kedua kalinya produsen mobil Jerman berkolaborasi dengan Virgil Abloh. Kerjasama yang pertama adalah Project Gelandewagen yang terinspirasi dari mobil balap berbasis G-Class.

Seperti mobil pertama, di mobil kedua ini Abloh dan Gorden Wagener sebagai chief design officer Daimler AG, diberikan kebebasan kreatif penuh untuk membayangkan seperti apa masa depan perjalanan mobil listrik, tanpa batasan.

"Terinspirasi oleh alam luar dan mengontekstualisasikan kembali merek mewah, yang berfokus pada perkotaan dalam lingkungan off-road, hasilnya adalah sebuah coupe yang berukuran hampir enam meter yang terlihat kokoh," ujar Gorden dalam keterangan resminya.

Elemen desain utama, meliputi bagian wajah yang menampilkan gril Maybach dan bilah lampu lebar, disertai dengan lampu depan melingkar dan empat lampu tambahan. Kap panjang (dengan panel surya terintegrasi) mengarah ke kabin berbentuk tetesan air mata, yang mengalir perlahan ke dek belakang.

Sementara bagian depan yang menonjol membentuk bagian dari profil samping. Di bagian belakang, meniru tampilan datar yang terlihat di bagian depan, dengan lampu belakang bermerek Maybach dipasang rendah agar terlihat harmonis. 

Salah satu ciri khas mobil off-roda, yakni penggunaan roll cage eksternal, bersama dengan ban all-terrain, skid plate logam dan body cladding dengan paku keling (ripet) menonjol di atas lengkungan roda.

Nuansa petualangan ikut terasa hingga ke bagian interiornya, Di sana terlihat kapak serba guna yang disematkan ke dalam pintu. Lalu terdapat dua kursi yang dapat dilipat rata untuk membentuk tempat tidur, dan beberapa kompartemen penyimpanan yang tertanam rapih. 

Sayangnya, setelah project ini jadi, Abloh dikabarkan telah meninggal duni beberapa waktu lalu. "Ini adalah Project Maybach, sebuah konsep all-electric yang dirancang dan dibangun dengan mendiang perancang busana Virgil Abloh, yang meninggal karena kanker pada 28 November 2021," ungkap Gorden.

Sebagai bentuk penghormatan dan keinginan keluarga Abloh, saat ini mobil tersebut dipajang di Museum Rubell di Miami, Amerika Serikat. "Kekuatan karya Abloh tidak hanya dari desain produk, tetapi juga percakapan eksplorasi yang dipicu karyanya," pungkasnya. (EPS)