Resmi! Honda Ungkap Tampilan SUV Kompak HR-V Generasi Terbaru

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 18/Feb/2021 12:32 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 18 Februari 2021 – Honda secara resmi mengungkap generasi ketiga SUV kompaknya yaitu Honda Vezel atau di Indonesia dikenal dengan HR-V mulai dari pasar Jepang.

 

Baca Juga:
Sudah Tujuh Tahun Produksi, Mulai Februari 2021 Honda HR-V Alih Generasi

Vezel terbaru memiliki konsep yang mengarah kepada kenikmatan hidup sehari-hari dengan memberikan kepraktisan dan nilai pengalaman bagi masyarakat aktif dan terbuka terhadap hal-hal baru sehingga menitikberatkan peningkatan kualitas kehidupan sehari-hari atau AMP UP.

 

Nilai utama yang ada pada Vezel generasi terbaru adalah “Beauty”, “Trust”, dan “Feel Free Fun”.

 

Honda mempertimbangkan kembali era baru Vezel dari awal dengan menambah kesan dinamis pada kekuatan dan kebersihan SUV, melalui gambaran desain yang cocok untuk memperkuat atmosfir konsep AMP UP.

 

 

Berdasarkan konsep “Man Maximum Machine Minimum”, eksterior dibuat mempertahankan dimensi bodi kompak dengan proporsi yang terkesan indah namun bertenaga sebagaimana layaknya SUV.

 

 

Konsep "Sleek & Long Cabin" diadopsi untuk memberikan tampilan yang menyegarkan di semua kursi sambil menekankan proporsi seperti coupe. Desainnya memiliki tone horizontal dengan inti yang menembus bagian depan dan belakang.

 

 

 

 

Di bagian depan, gril sewarna digunakan untuk meningkatkan kesan menyatu dengan bodi, sementara bagian belakang, pembukaan pintu bagasi dan posisi pegangan dibuat mudah digunakan secara alami sehingga tercapai antara keindahan dan fungsionalitas.

 

 

Kabin dibuat lega dengan meletakkan tangki bensin di tengah seperti model sebelumnya agar dapat mempertahankan dimensi kompak bodi dan memudahkan berbagai pengaturan jok. Namun dari generasi ini, dikembangkan agar seisi kabin dibuat lebih nyaman.

 

 

Selain itu, interior mengedepankan bentuk dan inti yang padat untuk mengekspresikan kekuatan SUV. Sementara dasbornya, dilengkapi bantalan dengan sentuhan lembut dan bentuk yang dekat dengan bodi.

 

 

Berdasarkan konsep HMI (Human Machine Interface), Honda telah membuat kerangka yang menghubungkan ke "beautiful behaviour" pengemudi dan penumpang dengan mengurangi pergerakan garis pandang dan mengatur sepanjang garis aliran.

 

 

Agar lebih menarik bagi seisi kabin, Vezel dilengkapi atap panorama agar cahaya masuk ke dalam ruangan dan saluran keluar AC yang hembusannya seperti angin sepoi-sepoi.

 

Selain mesin konvensional 1.500 cc DOHC i-VTEC + CVT, juga tersedia varian sistem hybrid e: HEV dilengkapi dua motor yang menggerakkan roda.

 

Dengan e: HEV, pengemudi dapat menikmati rasa akselerasi linier dan nyaman, serta dapat memilih dari tiga mode berkendara yang berbeda yaitu NORMAL, SPORT, dan ECON.

 

Pengemudi juga bisa memilih level deselerasi berbeda saat akselerator mati dengan rentang D, B, dan deceleration selector.

 

Model 4WD dilengkapi dengan "AWD real-time", yang membuat kestabilan saat cuaca buruk atau mengemudi di daerah salju.

 

Dengan kombinasi e: HEV, pembangkitan torsi cepat dan linier yang merupakan karakteristik penggerak motor dan AWD real-time secara konstan mendistribusikan tenaga penggerak optimal ke empat roda sehingga membuatnya stabil dan menyenangkan di berbagai kondisi jalan.

 

Pertama kalinya dilengkapi sistem kamera multi-view dan blind spot information agar memudahkan parkir dan perubahan jalur di tempat-tempat dengan jarak pandang yang buruk sehingga mengemudi bisa lebih tenang.

 

Kamera tersebut terintegrasi dengan sistem Honda SENSING dan chip pemrosesan gambar berkecepatan tinggi dimana fungsinya telah berkembang lebih jauh dan ditingkatkan dari model sebelumnya.

 

Adaptive Cruise Control (ACC) telah berevolusi untuk menyertakan fungsi pelacakan kemacetan untuk mendukung mengemudi dengan lebih aman dan nyaman.

 

Selain itu, Collision Mitigation Braking System (CMBS), pencegah keluar jalur, pengenalan rambu, dan Lane Keep Assist System (LKAS) telah dikembangkan lebih lanjut dari model sebelumnya.

 

Tiga fungsi baru telah ditambahkan, seperti fungsi penghenti laju akibat kesalahan menginjak gas, rem mitigasi tabrakan jarak pendek, dan auto high-beam.

 

 

Vezel atau HR-V dijadwalkan rilis mulai April 2021 untuk pasar Jepang.

 

(Joule)