Selain Promo, Astra Peugeot Berikan Tips Memilih Pelumas Mesin dengan Tepat

  • Oleh : ADV

Jum'at, 19/Feb/2021 11:08 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Mesin merupakan salah satu bagian paling penting dari sebuah mobil. Bagaimana tidak, berkat mesin mobil dapat melaju di jalan. Oleh sebab itu, perawatan mesin wajib mendapat prioritas.

Salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan, yakni mengganti oli atau pelumas secara rutin. "Bicara perawatan mesin, ganti oli secara berkala mutlak dilakukan. Pemilik kendaraan jangan anggap sepele peran penting perihal pelumas," ujar Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter. 

Baca Juga:
Astra Hadirkan Compact SUV Peugeot 2008, Harga Tak Sampai Rp 500 juta

Ia menambahkan, pelumas berfungsi ekstra sebagai pencegah karat, peredam getar, pengikat kotoran (gram) serta media penjaga suhu mesin. Selain fungsinya, pelumas juga memiliki viskositas atau nilai kekentalan oli yang disimbolkan dengan angka. 

Baca Juga:
Ini yang Bikin Suspensi Peugeot 3008 & 5008 Active Tetap Nyaman

Pentingnya merawat komponen mesin

Semakin tinggi angkanya, semakin kental olinya. Pelumas di pasaran pun tersedia dalam dua jenis tingkat kekentalan, yaitu kekentalan tetap (single-grade) dan kekentalan dinamis (multi-grade).

Baca Juga:
Meski Belum Diresmikan, Peugeot 2008 Sudah Bisa Dipesan dengan DP Rp 49 Juta

"Untuk mengukur tingkat kekentalan pelumas otomotif digunakan standar Society of American Engineering (SAE). Tingkat kekentalan atau angka viskositas ini ditunjukkan dalam bentuk angka. Makin kecil angka, berarti makin encer pelumas," terang Roni.

Dalam industri pelumas dikenal dua tingkat kekentalan. Pertama kekentalan tunggal (monograde) seperti SAE 40W atau oli gearbox. Lalu kekentalan multigrade seperti contoh 20W-50 atau 10W-50 yang biasa dipakai komponen mesin.

Oli dengan SAE 5W-30 berarti memiliki kekentalan 5 pada temperatur dingin (Winter), dan kekentalan 30 pada temperatur 100 derajat Celcius. Pada umumnya, kebutuhan mesin modern membutuhkan spesifikasi tingkat kekentalan pelumas yang encer.

"Kemajuan teknologi mampu menghasilkan pelumas dengan kekentalan makin rendah. Pelumas dengan viskositas kecil atau encer cocok digunakan mesin mobil rakitan sekarang yang memiliki komponen lebih banyak, celah antar komponen rapat, dan lubang saluran oli halus," tambahnya.

Karena encer, oli lebih cepat mengalir dan tidak banyak merintangi gerakan komponen mesin. Contohnya adalah pelumas dengan angka viskositas SAE 10W-30, 10W-40, 15W-30 dan Shell Helix 5W-30 yang kini jadian acuan all varian terbaru mobil Peugeot.

"Pelumas 5W-30 menjadi acuan mobil modern, termasuk lansiran Peugeot. Istimewanya, ada penawaran menarik dari Astra Peugeot berkaitan dengan Anniversary Astra. Program special Beli 4 Liter Oli Astra Shell Helix 5W-30, Gratis 1 Liter Oli," pungkas Roni. 

Program tersebut tersedia di seluruh cabang bengkel resmi Astra Peugeot yang tersebar di Sunter, Cilandak, BSD, Solo, dan Surabaya. Program ini berlaku hanya di Bulan Februari 2021 ini saja. (EPS)