Ubahan Minor Rasa Major, Honda Rilis Odyssey Facelift untuk Pasar Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 20/Feb/2021 21:00 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta), 18 Februari 2021 – MPV premium Honda Odyssey juga turut facelift di Indonesia dengan perubahan minor yang terasa major.

 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

Disebut terasa major karena begitu banyak perubahan dibanding sebelumnya namun sebetulnya Honda menyatakan bahwa itu masih perubahan minor.

 

Baca Juga:
Generasi Terbaru Honda Accord Resmi Meluncur, Tampilan Kian Sporty dengan Teknologi Terkini

(sumber: Honda)

Baca Juga:
Prototipenya Jadi Riset Mobil Listrik di Indonesia, Honda N-Van Mulai Dijual Tahun 2024

Odyssey facelift mengalami perubahan penampilan seperti yang sekarang beredar di Jepang dengan kap tebal, grill besar, lampu depan-belakang, garnish belakang, dan desain pelek sehingga terlihat menonjol.

 

(sumber: Honda)

Lampu sein depan-belakang sudah memakai model berurutan mengalir dari dalam ke luar sebagai standar sehingga terkesan canggih dan jarak pandang yang sangat baik.

 

(sumber: Honda)

Akses kabin lebih praktis dengan hands-free access power tailgate dimana untuk membuka bagasi hanya perlu mengarahkan kaki ke bawah bumper.

 

(sumber: Honda)

Ketika hendak meninggalkan mobil, remote kunci dengan reservation lock untuk menutup pintu sliding yang terbuka dan menguncinya secara otomatis.

 

(sumber: Honda)

Beralih ke sektor interior, dasbor terlihat sederhana namun menyiratkan kesan modern dan canggih semenjak arah desain yang lebih mengandalkan komponen digital. Salah satunya A/C dengan smart touch dengan kisi-kisi yang awalnya di bagian atas dasbor dipindah ke tengah.

 

Bagian luar desain panel instrumen telah diubah seperti menempatkan panel dekoratif bertekstur kayu di bagian atas, serta nyaman disentuh berkat bantalan lembut soft-touch-nya.

 

(sumber: Honda)

Menariknya di balik panel dekoratif tersebut terdapat tempat penyimpanan atau instrumental panel upper box, namun bukan berarti tidak ada airbag di dasbor karena titiknya dipindah.

 

Setir yang awalnya palang empat disederhanakan menjadi palang tiga layaknya model mobil premium Honda zaman sekarang seperti Accord. 

 

(sumber: Honda)

Sementara panel instrumen-nya menggunakan LCD high-definition full-color telah diubah menjadi 7 inci. Dengan menggabungkan speedometer analog, berbagai informasi ditampilkan dengan cara yang mudah dimengerti dan jarak pandang memadai juga dipertahankan.

 

(sumber: Honda)

Di tengah dasbor layar 8 inci Touchscreen display dengan NAVI built-in system, hands-free telephone vehicle setting, Bluetooth & Wi-Fi connection, smartphone connection, untuk audio dan video.

 

(sumber: Honda)

Layar tersebut juga memiliki fungsi multi-view camera yang membantu pengemudi memperhatikan sekeliling mobil, terutama blind spot.

 

 

(sumber: Honda)

Namun yang paling menarik dari interior adalah jok baris kedua memakai premium cradle seat terpanjang di kelasnya untuk mobil pasar Indonesia, dan memiliki desain seperti sofa mulai dari upholstery untuk rasa, ottoman, hingga inward folding seat back untuk rebahan.

 

Itupun masih ditemani LED Ambient Light yang menciptakan suasana rileks selama perjalanan.

 

(sumber: Honda)

Layaknya produk flagship Honda masa kini, Odyssey telah dilengkapi Honda SENSING yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), dan Adaptive Cruise Control (ACC).

 

CMBS bekerja membantu pengereman apabila mendeteksi peluang terjadinya benturan sehingga impaknya bisa diminimalisir. Sementara RDM mengingatkan pengemudi agar berada di jalurnya sekaligus membantu apabila sistem akan mengkoreksi sehingga untuk pindah jalur harus kasih sein.

 

ACC bekerja menjaga dan menyesuaikan kecepatan apabila mendeteksi kendaraan di depannya berhenti, sehingga lebih aman dan nyaman karena mengurangi effort pengemudi untuk melakukan hal tersebut.

 

(sumber: Honda)

Agar memudahkan parkir, Odyssey dilengkapi Smart Parking Assist System yaitu dapat bergerak secara otomatis untuk parkir tegak lurus ataupun parallel.

 

Honda Odyssey facelift 2021 dibanderol Rp. 888.000.000,-.

 

(Joule)