Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik Bertabur Teknologi Canggih

  • Oleh : ADV

Kamis, 25/Feb/2021 16:17 WIB


SoundandMachine.com (Seoul) - Setelah membuat penasaran para pecinta otomotif, karena potongan gambarnya beredar luas di dunia maya, Hyundai Motor Company akhirnya resmi meluncurkan Ioniq 5, sebuah mid-size CUV.

Dalam acara peluncuran perdana global yang dilakukan secara virtual pada 23 Februari 2021, Thomas Schemera, Executive Vice President and Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor Company mengatakan, bahwa Ioniq 5 sebagai model pertama di brand Ioniq Hyundai.

Baca Juga:
Sambut Idul Fitri 2024, Hyundai Gowa Adakan Promo Khusus dan Bengkel Siaga 24 Jam

"Kendaraan ini adalah definisi ulang dari desain yang tak lekang oleh waktu, sebuah tema yang akan berkembang seiring dengan bertambahnya jajaran lini produk dari brand Ioniq," kata Thomas.

Baca Juga:
Semakin Canggih dan Memudahkan, Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Kini Dilengkapi Fitur Bluelink

Miliki desain futuristik

Ia menambahkan, Ioniq 5 merupakan mobil listrik yang dipenuhi teknologi canggih. Bahkan, lekukan desain 'Parametric Dynamics' eksteriornya memiliki fungsi tersendiri. "Desain eksterior Ioniq 5 yang unik ditandai oleh karakter yang terinspirasi dari profil Hyundai Pony," jelas Thomas.

Baca Juga:
Pelanggan Upgrade Audio Mobil Listrik Meningkat, Cartens Autosound Pasang EV Charger di Gerainya

Bagian depan mobil, dilengkapi dengan kap mesin bertipe clamshell pertama dari Hyundai yang meminimalkan celah panel untuk menghadirkan aerodinamika yang optimal. Bemper depan berbentuk V yang menggabungkan daytime running lights (DRL), mampu memberikan ciri khas lampu unik pada Ioniq 5. 

Di bagian samping, gagang pintu otomatis memperlihatkan gaya permukaan yang mulus dan meningkatkan efisiensi aerodinamis. Selain itu, Hyundai juga menghadirkan tema 'Living Space' yang tersebar di seluruh interior, terutama diwujudkan oleh konsep Universal Island.

Interior canggih dengan dasbor yang dapat digeser

Konsep itu berupa konsol tengah yang dapat dipindahkan serta dapat digeser mundur sejauh 140 mm. Universal Island, dipadukan dengan lantai datar tempat baterai disimpan, sehingga memungkinkan lebih banyak kebebasan bergerak di dalam mobil. Ioniq 5 juga dilengkapi dengan jok depan yang dapat diatur secara elektronik. 

Beberapa titik penting yang ada di sisi interior Ioniq 5 seperti kursi, headliner, door trim, lantai dan sandaran tangan, telah menggunakan sumber materi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, seperti botol PET daur ulang, serat benang wol berbahan alami, kulit olahan ramah lingkungan, dan cat berbahan alami.

Ioniq 5 tersedia dengan berbagai konfigurasi power electric (PE) agar sesuai dengan kebutuhan mobilitas setiap pelanggan, tanpa kompromi terhadap performa kendaraan. Di bagian teratas jajaran motor listrik adalah opsi all-wheel drive (AWD) yang dipasangkan dengan baterai 72,6 kWh9.

Kombinasi tersebut, sanggup menghasilkan output daya gabungan 225-kWh dan torsi 605 Nm. Konfigurasi PE ini dapat membuat Ioniq 5 melaju dari 0 km/jam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5,2 detik. 

Tempat duduk nyaman

Sementara saat opsi AWD dipasangkan dengan baterai 58-kWh, dapat membuat Ioniq 5 melaju dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik. Pada opsi single-motor layout dengan penggerak motor belakang menawarkan torsi 350 Nm dan penggerak dua roda (2WD). 

Saat dipasangkan dengan baterai 72,6 kWh, konfigurasi PE ini mampu membuat Ioniq 5 berakselerasi dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam 7,4 detik. Saat dipasangkan dengan baterai 58-kWh, mampu berakselerasi dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam 8,5 detik.

Memiliki tenaga dan torsi yang cukup besar, membuat Ioniq 5 mampu menderek trailer dengan kapasitas hingga 1.600 kg. Sementara untuk pengisian daya, platform E-GMP dari Ioniq 5 dapat digunakan pada infrastruktur pengisian daya 400-V dan 800-V. 

"Sistem multi-charging adalah teknologi pertama yang dipatenkan di dunia yang mengoperasikan motor dan inverter untuk meningkatkan 400 V menjadi 800 V untuk kompatibilitas pengisian daya yang stabil," ungkap Thomas.

Apabila menggunakan pengisi daya listrik berkekuatan 350 kW, Ioniq 5 dapat mengisi daya dari 10 persen menjadi 80 persen hanya dalam waktu 18 menit. Menurut WLTP, pengguna Ioniq 5 hanya perlu mengisi daya kendaraan selama lima menit untuk dapat menempuh jarak hingga 100 km.

Ioniq 5 juga memberikan fungsi V2Lm yang memungkinkan pelanggan untuk bebas menggunakan atau mengisi daya perangkat listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah, sehingga mobil ini dapat berfungsi sebagai pengisi daya listrik pada saat dalam perjalanan.

Fungsi V2L dapat memasok daya hingga 3,6 kW. Port V2L terletak di bawah kursi baris kedua, dan dapat diaktifkan saat kendaraan dalam keadaan menyala. Port V2L lainnya terletak di port pengisian daya di bagian luar kendaraan. Canggih ya! (EPS)