Indonesia Termasuk Menjanjikan, Di Jepang Masa Depan Varian RS Honda Jadi Pertanyaan

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 03/Mar/2021 18:40 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 3 Maret 2021 – Varian Honda RS atau “Road Sailing”, di Indonesia bisa dibilang prospeknya cukup menjanjikan. Seperti misalnya yang baru masuk Indonesia yakni Honda City Hatchback RS.

 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

Namun di negaranya sendiri yaitu Jepang, prospek bahkan masa depan Honda RS justru menjadi pertanyaan, semenjak minivan atau MPV Honda Jade dihentikan produksinya dan Fit atau Jazz tidak lagi tersedia varian RS.

 

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Padahal Honda RS bukan semata varian tetapi juga awal dari varian sporti pada mobil kompak non-sportscar.

 

Baca Juga:
Generasi Terbaru Honda Accord Resmi Meluncur, Tampilan Kian Sporty dengan Teknologi Terkini

Bisa jadi untuk pasar Jepang, Honda berputar haluan seperti misalnya Fit yang awalnya berkarakter sporti sekarang jadi kalem, meskipun agak mengherankan prospeknya di motorsport masih menjanjikan dan itulah mengapa ada di ajang endurance Super Taikyu, khususnya tipe RS.

 

Alhasil, di Jepang sana Honda RS tinggal tersisa dua yakni Vezel atau kita kenal sebagai HR-V dan N-ONE sebagai produk terkini.

 

Honda Vezel RS

(foto: Honda)

Honda memasukkan varian RS untuk produk crossover atau SUV-nya yakni Vezel RS. Eksterior hanya sebatas pelek sebagai pembeda, begitu juga jok ultra suede pada interior, selebihnnya Honda memasukkan unsur berkendara sporti ke Vezel RS.

 

Seperti performance damper yang membuatnya lebih stabil dan variable steering gear ratio, serta khusus varian mesin konvensional, transmisi CVT-nya dilengkapi G Design Shift. Selain mesin konvensional, Vezel RS juga tersedia mesin hybrid yang disalurkan oleh transmisi DCT 7-percepatan.

 

Mengingat di Jepang Vezel dalam waktu dekat akan ganti generasi, belum diketahui akankah varian RS dipertahankan atau dihilangkan seperti saudaranya yaitu Fit.

 

Honda N-ONE RS

 

(foto: Honda)

Varian RS Honda juga sampai kepada kei-car-nya yaitu Honda N-ONE RS dan awalnya lebih ke tampilan yang membuat rasa sporti.

 

Kemudian masuk ke generasi kedua, N-ONE RS bukan hanya tampilan semata tetapi juga rasa berkendara dengan kehadiran transmisi manual 6-percepatan, menjadi RS pertama yang bermesin turbo dengan transmisi tersebut.

 

Untuk Honda RS JDM, setidaknya N-ONE akan menjadi satu-satunya RS misalnya di Vezel tidak lagi tersedia atau di Fit tak kunjung hadir.

 

(Joule)