Di Jepang, Generasi Pertama Honda City Sudah Berwujud Hatchback

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 06/Mar/2021 21:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 3 Maret 2021 – Di Indonesia Honda City lebih dikenal dengan bodi sedan empat pintu ketimbang hatchback lima pintu. Namun, City berbodi hatchback sebetulnya bukan baru-baru ini, melainkan sejak awal lahir pada tahun 1981 atau pada generasi pertamanya.

 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

Menariknya sejumlah elemen City hatchback paling awal produksi ada di sejumlah mobil Honda sekarang.

 

Baca Juga:
Generasi Terbaru Honda Accord Resmi Meluncur, Tampilan Kian Sporty dengan Teknologi Terkini

(sumber: Honda)

Baca Juga:
Prototipenya Jadi Riset Mobil Listrik di Indonesia, Honda N-Van Mulai Dijual Tahun 2024

City terlahir sebagai pilihan mobilitas yang fleksibel karena peluncuran tersebut berbarengan dengan sepeda motor lipat Honda Motocompo. Kombinasi tersebut bisa dibilang sangat representatif dengan Honda sebagai produsen sepeda motor dan mobil.

 

(sumber: Honda)

Menariknya kabin City dirancang presisi ketika membawa Motocompo dan itu dalam kondisi tanpa melepas jok belakang. Dengan kapabilitas tersebut menunjukkan pesan bahwa kelegaan ruang interior meningkatkan fleksibilitas dalam bermobilitas.

 

 

(sumber: Honda)

City juga menjadi salah satu acuan rasa berkendara sporti Honda selain tipe Road Sailing karena pada tahun 1982 menjadi Honda pertama bermesin turbo untuk non-kei car serta injeksi dan juga beberapa sentuhan di sektor kaki-kaki yang hanya tersedia di varian tersebut.

 

Seperti stabilizer dengan kekakuan tinggi, coil spring yang seimbang antara kenyamanan dan kestabilan, dan rem cakram dengan lubang udara agar tahan pudar.

 

(sumber: Honda)

Penampilan eksterior-interior yang berbeda dengan City lainnya bisa dibilang menjadi salah satu DNA Honda untuk membuat tampil sporti.

 

Untuk mesin turbo tersebut kembali hadir di City hatchback namun versi Thailand, setidaknya dalam konteks pasar Indonesia ada pada aura sporti serta keseimbangan antara stabilitas dan kenyamanan yang diresepkan sejak dulu.

 

Produksi City berlangsung sampai tahun 1994, kemudian hadir kembali pada tahun 1996 dengan bodi sedan empat pintu. Sampai pada tahun 2020 dan 2021 untuk pasar Indonesia, versi hatchback hadir kembali namun empat pintu, bukan tiga pintu seperti waktu awal lahir.

 

(Joule)