Suzuki Club Reaksi Cepat Evakuasi Korban Banjir Sungai Citarum

  • Oleh : ADV

Minggu, 07/Mar/2021 13:33 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Musim penghujan kali ini, daerah di sekitar Jabodetabek kembali terkena dampak yang cukup besar. Salah satunya adalah kawasan Bekasi yang pekan lalu dilanda banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum. 

Melihat situasi tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales mendukung penuh Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) yang sigap membantu evakuasi korban luapan air di Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Rachmat Keliek Pangestu, ketua umum SCRC menyampaikan, selain program Peduli Antisipasi Banjir Jabodetabek, pihaknya juga berfokus pada layanan evakuasi warga, pendampingan pemeriksaan pasien di pengungsian, dan distribusi logistik untuk korban tanggul Sungai Citarum yang jebol. 

"Aktivitas SCRC dalam penanggulangan bencana banjir ini mendapat dukungan dan sinergi dari, IOF (Indonesia Off road Federation) , BPBD Kab bekasi, Basarnas, serta support yang diberikan dari Suzuki Indonesia," tuturnya.

Baca Juga:
Khusus Libur Lebaran 2024, Suzuki Adakan Posko Perbaikan dan Layanan Bengkel Resmi 24 Jam

Ia menambahkan, proses evakuasi para korban dilakukan dengan mendahulukan warga prioritas, seperti bayi, orang sakit, dan lansia. Arus yang cukup deras, mengharuskan Tim menurunkan Palsar air berupa perahu karet yang dilengkapi motor tempel Suzuki 40pk. 

Baca Juga:
Mencoba Performa Suzuki Jimny 5-Pintu di Medan Off-road, Begini Kemampuannya

Pada saat jebolnya tanggul, SCRC membantu mengantarkan dokter untuk pemeriksaan pasien, dan pengiriman obat di Puskesmas Karang Harja. Saat itu, ketinggian air masih 1-2 meter dan membantu mengevakuasi beberapa warga yang masih terjebak banjir dari total 9 desa dan ribuan rumah yang terdampak.

Sementara Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS menambahkan, Suzuki Indonesia akan terus mendukung seoptimal mungkin dalam memberikan bantuan. "Semoga kegiatan ini dapat menguatkan kita dan membantu meringankan beban para korban," katanya.

SCRC sendiri diresmikan pada 28 September 2019 di Jakarta sebagai organisasi klub otomotif yang berfokus pada layanan di bidang sosial dan kemanusiaan yang beranggotakan 14 klub mobil Suzuki resmi dan 300 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Dalam menjalankan fungsinya sebagai tim rescue bagi masyarakat, SCRC selalu berkoordinasi dengan BNPB dan Basarnas terkait efektivitas pendataan serta rekomendasi prioritas agar bantuan yang diberikan tepat sasaran. (EPS)