Lebih Mahal Rp 20 Juta, Fitur Hyundai Kona Electric Facelift Makin Komplet

  • Oleh : ADV

Senin, 22/Mar/2021 11:48 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), baru saja menyelenggarakan Hyundai Track Day 2021, pada tanggal 20-21 Maret 2021 di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat. 

Kegiatan tersebut, bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara bagi pelanggan dan peminat mobil listrik Hyundai, yang tak lain adalah Hyundai Kona dan Ioniq Electric.

Baca Juga:
Sambut Idul Fitri 2024, Hyundai Gowa Adakan Promo Khusus dan Bengkel Siaga 24 Jam

SoundandMachine pun berkesempatan mencoba kedua produk mobil listrik unggulan merek asal Korea Selatan itu. Dalam acara Hyundai Track Day 2021, PT HMID menyediakan belasan unit Kona dan Ionic Electric untuk diuji mengitari sirkuit.

Baca Juga:
Semakin Canggih dan Memudahkan, Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Kini Dilengkapi Fitur Bluelink

Interior makin modern

Namun dari belasan mobil tersebut, ada satu unit Kona Electric yang menarik perhatian SoundandMachine. Sosok hatchback berwarna merah tersebut, terlihat lain dari Kona Electric lainnya. 

Baca Juga:
Pelanggan Upgrade Audio Mobil Listrik Meningkat, Cartens Autosound Pasang EV Charger di Gerainya

Benar saja, ternyata mobil tersebut merupakan versi facelift yang baru saja didatangkan PT HMID bulan Februari lalu. Bonar Pakpahan, Product Expert PT HMID mengatakan, selain tampilannya beda, Kona Electric facelift juga memiliki fitur keselamatan yang lebih lengkap dibanding model sebelumnya.

"Bila dilihat, dari segi estetika interiornya juga berbeda. Layar monitor dan cluster instrumen juga lebih besar full LCD serta tampilan grafis," tutur Bonar ketika ditemui saat acara Hyundai Track Day berlangsung. 

Lebih lanjut pria ramah itu menjelaskan, setidaknya terdapat empat fitur keselamatan baru yang disematkan di Hyundai Kona Electric facelift, yakni fitur Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, Forward Collision Avoidance-Assist, dan Safe Exit Assist.

"Paling banyak fitur keselamatan aktif yang bertambah jumlahnya," kata Bonar. Fitur Forward Collision Avoidance-Assist misalnya, fitur itu berfungsi untuk menjaga agar mobil terhindar dari potensi tabrakan yang ada di depannya. 

Sementara Safe Exit Assist menjaga agar penumpang maupun pengemudi tetap aman saat membuka pintu mobil. Sebab, kalau pintu dibuka begitu saja tanpa memperhatikan di belakang takutnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Jadi Safe Exit Assist itu mencegah dengan tetap mengunci pintu kita supaya kita tidak bisa membuka pintu, pas mobil itu lewat baru pintu tersebut bisa kita buka," jelas Bonar.

Selain fitur keselamatan, ada satu fitur menarik yang turut disematkan ke dalam Hyundai Kona Electric facelift, yakni Quiet Mode. Fitur tersebut berfungsi untuk memberi kenyamanan kepada penumpang baris belakang yang sedang tertidur. 

Bagian eksterior lebih sporty

Ketika mengaktifkan fitur Quiet Mode, suara perangkat audio yang muncul dari speaker belakang akan dimatikan, sementara volume pada speaker depan secara otomatis akan diturunkan sehingga penumpang yang tertidur di kursi belakang tidak terganggu.

Saat ini, Bonar mengungkap bahwa Kona Electric tipe lama (sebelum facelift) sudah tidak tersedia lagi. "Kalau ada konsumen yang membeli, akan mendapat versi yang baru semua," ucapnya.

Mengenai harga, Hyundai Kona Electric facelift dibanderol lebih tinggi sekitar Rp 20 juta. "Namun fitur yang diberikan juga cukup bagus, sehingga dirasa sesuai," pungkas Bona. Saat ini, Hyundai Kona Electric versi anyar memiliki harga Rp 697.000.000 dalam kondisi OTR Jakarta. (EPS)