Kembali ke Dunia Motorsport, Aston Martin Rayakan dengan Peluncuran Vantage F1 Edition

  • Oleh : ADV

Senin, 22/Mar/2021 17:16 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Produsen mobil mewah asal Inggris, Aston Martin, baru saja meluncurkan mobil sport spesial dari salah satu model unggulannya, yang dinamakan Vantage F1 Edition. 

Pabrikan berlogo sayap itu menyebut, varian edisi khusus secara khusus dibuat untuk merayakan kembalinya merek Aston Martin ke dunia motorsport setelah absen sekitar enam dekade.

Baca Juga:
Beken di Off-Road, BFGoodrich Luncurkan Ban Advantage Touring untuk Jalan On-Road Indonesia

Menariknya, Vantage F1 Edition menjadi model pertama yang mendapat masukan langsung dari CEO terbarunya, Tobias Moers. Mobil dua pintu itu dibuat dengan mengambil inspirasi pada mobil keselamatan (safety car) resmi F1 musim ini.

Baca Juga:
Aston Martin DBX707 Meluncur, Jadi SUV Terkuat di Dunia

Terinpirasi dari Safety Car F1

"Dengan demikian, peningkatan (tenaga) pada Vantage F1 Edition meniru mobil pengaman khusus trek," kata Tobias. Supaya mobil edisi khusus tersebut mampu melesat dengan cepat, Aston Martin membekalinya dengan mesin V8 4.000 cc twin turbo.

Mesin berkapasitas besar itu telah dirancang ulang oleh AMG sehingga mampu memproduksi tenaga lebih besar 25 HP dari Vantage standar, menjadi 535 HP pada 6.000 rpm. Luapan tenga itu, menjadikannya sebagai Vantage paling bertenaga yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

Sementara torsi puncaknya, tetap tidak berubah dibanding Aston Martin Vantage standar. Yakni berada di angka 685 Nm yang keluar mulai dari putaran mesin 2.000 hingga 5.000 rpm.

Tenaga tersebut, lantas disalurkan ke roda belakang yang telah direkayasa ulang berupa pengoptimalan torsi, melalui transmisi otomatis delapan percepatan ZF. Aston Martin menyebut, perpindahan giginya dapat berjalan cepat dan presisi.

Memiliki tenaga dan torsi yang besar, membuat Vantage F1 Edition mampu melesat dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 3,6 detik (3,7 detik untuk versi roadster).

Interior sporty

Bila pengemudi masih memiliki nyali untuk menginjak pedal gas lebih dalam, mobil tersebut mampu menembus kecepatan tertinggi di angka 314 km/jam. Khusus versi roadster, kecepatan tertingginya di angka 305 km/jam.

Mobil ini juga mendapatkan aero kit lengkap, yang menghasilkan 200 kg lebih banyak downforce dibanding Vantage standar pada kecepatan tertinggi, dengan komponen seperti splitter depan yang lebih lebar, front dive plans, underbody turning vanes dan sayap belakang berukuran besar. 

Mengenai harga, Aston Martin menjelaskan bahwa Vantage F1 Edition tersedia dengan harga mulai dari 142.000 Poundsterling atau Rp 2.8 miliar di Inggris Raya, dan pengiriman akan dimulai akhir Mei tahun ini. (EPS)