Sudah Update, Ini Alasan Mazda Indonesia Soal Audio System CX-3 yang Belum BOSE

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 30/Mar/2021 18:11 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta), 29 Maret 2021 – Mazda CX-3 baru-baru ini mendapat update baik 2.000 cc maupun varian mesin terbarunya yaitu 1.500 cc untuk pasar Indonesia.

 

Baca Juga:
Mengenal Lebih Detail Audio System BOSE Pada Lini Teratas Mazda di Indonesia

Untuk mesin 2.000 cc, update tersebut seperti struktur jok baru, model font “CX-3” mengusung desain baru, dan head unit sudah bisa terkoneksi dengan smartphone.

 

Baca Juga:
Mengenal Teknologi AudioPilot dan CenterPoint di Audio System BOSE Mazda CX-5

Namun audio system CX-3 masih 6-speaker yang berarti masih belum BOSE. Padahal Kia Sonet yang kelasnya di bawah CX-3 dan selisih harganya lebih dari 100 juta Rupiah audio system-nya sudah BOSE.

 

Baca Juga:
Sound System tetap BOSE, Update Mazda CX-5 Berefek ke Car Audio

Selain itu di Jepang sendiri audio BOSE untuk CX-3 tersedia meskipun lebih sebagai opsional ketimbang standar, yang berarti sudah ada referensinya.

 

“Sebetulnya kita bisa buat, mau Mazda2 pakai BOSE atau CX-3 pakai audio apa juga bisa, cuma pertimbangannya kan banyak, fitur-fitur harus kita pilih dengan bjiak, kemudian pertimbangan marketing harus kita lihat, dan juga beberapa produk hanya kita jual.” ungkap Fedy Dwi Parileksono, Head of Public Relations & Media Communications PT. EMI kepada SoundandMachine melalui konferensi pers virtual (29/3/2021).

 

(sumber: Mazda)

Untuk pasar Jepang, sistem audio BOSE CX-3 memakai 7-speaker high-performance yang di-engineered secara hati-hati dan presisi agar performanya optimal.

 

Audio system BOSE tersebut tersedia sebagai opsional untuk tipe 15S Touring dan edisi special 15 S Urban Dresser, sementara edisi special Mazda 100th Anniversary sudah menjadi standar.

 

Opsi tersebut senilai 143.000 Yen atau sekitar 18,7 juta Rupiah tetapi sepaket dengan 360 view monitor + front parking sensor dan CD/DVD Player + terrestrial TV Tuner.

 

Saat ini Mazda keluaran APM yang memakai audio system BOSE hanya lini teratasnya seperti Mazda6, CX-5, CX-8, dan CX-9.  

 

Tentunya setiap audio system BOSE yang ada di Mazda sudah dirancang menyesuaikan ruang akustik, termasuk tuningnya.

 

“Kalau kita hanya mendapatkan produk yang nice to have, mungkin harganya juga akan selangit dan tidak bisa dijual. Jadi biar bagaimanapun, ujung-ujungnya adalah kita harus punya produk yang sesuai dengan market, sesuai dengan kebutuhan market pada produk itu sendiri.” tutup Fedy.

(Joule)

 

(Joule)