Proyek Toyota EV Smart Mobility, Gairahkan Pariwisata Bali Lewat Elektrifikasi

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 01/Apr/2021 16:00 WIB


SoundandMachine.com (Bali) - PT. Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM )Toyota mengadakan program "EV Smart Mobility" untuk menghadirkan ekosistem yang terintegrasi bagi masyarakat luas dalam bermobilitas, dengan menggunakan produk elektrifikasinya.

Berlokasi di Bali, proyek 50 tahun Toyota tersebut juga sebagai bagian dari upaya gairahkan pariwisata karena menjadi bagian dari layanan airport transfer serta transportasi di kawasan The Nusa Dua Bali dan sekitarnya.

Baca Juga:
Pakai Platform TNGA Terbaru, Toyota Prius Generasi Kelima Memulai Debut Perdana

“EV Smart Mobility merupakan sebuah project besar bagi kami yang menjadi bagian penting dari perjalanan 50 tahun Toyota di Indonesia.” buka Susumu Matsuda, President Director PT. TAM.

Kendaraan elektrifikasi Toyota berjenis Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dikerahkan untuk proyek yang bersifat pariwisata berwawasan ekologi atau ecotourism tersebut.

Baca Juga:
Ajak Masyarakat Kurangi Emisi Karbon, Toyota Hadirkan Ragam Kendaraan Elektrifikasi di GIIAS 2022

Toyota C+Pod (kiri), Toyota COMS (kanan) (sumber: Toyota)

Baca Juga:
Lima Perusahaan Otomotif Jepang ini Mulai Operasikan Ekosistem Elektrifikasi di Indonesia

Toyota menyediakan  20 unit Toyota COMS dan 5 unit C+pod, yang dapat digunakan oleh masyarakat dan turis. Selain itu, 5 unit Toyota Prius PHEV dapat digunakan sebagai layanan airport transfer dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai serta sebagai kendaraan untuk bermobilitas di wilayah Bali.

 

Toyota Prius PHEV (sumber: Toyota)

(sumber: Toyota)

Sebagai bagian dari upaya untuk menerapkan green dan renewable energy, teknologi panel matahari atau solar panel juga tersedia guna memenuhi kebutuhan shelter/station untuk mengisi daya listrik pada kendaraan elektrifikasi Toyota.

Untuk menggunakan layanan pada project EV Smart Mobility, bisa datang langsung ke station di depan central parkir The Nusa Dua (di depan Bali Collection) atau area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua.

EV Smart Mobility dapat diakses secara digital melalui aplikasi mTOYOTA dan TRAC To Go dan fitur digital key untuk unit C+pod dan Prius PHEV sehingga pengguna dapat melakukan seluruh akses secara digital, mulai dari booking, payment, akses masuk, kunci, hingga start melalui smartphone.

Dengan kemudahan digitalisasi ini, pengguna dapat menggunakan kendaraan tanpa perlu melakukan kontak langsung dengan banyak orang sehingga penerapan protokol kesehatan pun akan semakin baik.

Semua unit project EV Smart Mobility akan disterilisasi sebelum dan sesudah digunakan, sehingga pengguna dapat menikmati sebuah pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi Toyota yang menyenangkan, mudah, aman dan nyaman.

Matsuda menambahkan, proyek ini merupakan bentuk realisasi dari komitmen untuk mempopulerkan teknologi elektrifikasi kepada masyarakat luas dan untuk meningkatkan kesadaran serta pemahaman masyarakat terhadap teknologinya.

“Kedepannya, kami tidak hanya akan menyediakan alat transportasi, kami juga ingin dapat memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang beragam, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka serta melestarikan lingkungan di sekitar.” pungkas Matsuda.

(Joule)