Pertama di Dunia, Kendaraan Klinik Keliling Toyota Bertenaga Fuel-Cell Electric

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 02/Apr/2021 12:43 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota mulai mengetes kendaraan klinik keliling Fuel-Cell Electric Vehicle (FCEV) hasil kerjasama dengan Japanese Red Cross Kumamoto Hospital yang diklaim sebagai pertama di dunia.

Kendaraan klinik berbasis bus Toyota Coaster tersebut, dites untuk efektifitas kendaraan FCEV di area yang membutuhkan pertolongan medis, baik dalam situasi normal maupun dalam bencana.

Baca Juga:
Dari Logistik Sampai Mobil Balap, Toyota Semakin Gencar Andalkan Bahan Bakar Hidrogen

Di Jepang, angin topan, hujan deras, dan bencana alam lainnya, sering kali mengakibatkan terputusnya aliran listrik di rumah atau daerah evakuasi, bahkan mengakibatkan korban sehingga meningkatkan angka kebutuhan medis di area terdampak bencana.

Baca Juga:
Potensi Baru Elektrifikasi, Toyota Rilis MIRAI Generasi Kedua di Jepang

(foto: Toyota)

Oleh karena itu kedua pihak sepakat untuk membuat kendaraan yang menjadi sebuah solusi saat terjadi bencana alam, sehingga kendaraan klinik ini juga berperan sebagai tanggap bencana seperti menyuplai listrik di daerah terdampak.

Sistem fuel-cell yang dipakai di Coaster tersebut dari Toyota Mirai, sedan FCEV Toyota yang memiliki energi yang ramah lingkungan sangat baik sekaligus rendah suara serta getaran.

Canggihnya, Toyota menyematkan power outlet 100 VAC di dalam kendaraan. Selain itu juga eksternal power supply DC, yang memiliki output maksimal 9 kW dan supply of power hingga 90 kWh.

Toyota mengklaim, dengan memakai kendaran klinik FCEV, selain akan membantu menyelamatkan banyak jiwa, juga berkontribusi pada pengurangan emisi CO2 untuk mencegah terjadinya pemanasan global.

Selain transportasi darurat pasien, kendaraan klinik FCEV juga berpotensi untuk berbagai aplikasi dan perkembangan di bidang perawatan Kesehatan.

Seperti memasok listrik ke bus donor darah dan kendaraan pemeriksaan medis, bepergian ke daerah berpenduduk jarang sebagai sarana klinik keliling, hingga pengujian PCR keliling.

 

(Joule)