Dari Logistik Sampai Mobil Balap, Toyota Semakin Gencar Andalkan Bahan Bakar Hidrogen

  • Oleh : Julfikri

Senin, 20/Sep/2021 18:41 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota semakin gencar menjagokan hidrogen untuk bahan bakar bebas karbon di produk kendaraannya.

Seperti ketika Toyota mengerahkan Corolla Sport untuk balapan di ajang endurance Jepang, Super Taikyu, dengan mesin G16E-GTS Turbo dari GR Yaris yang telah dikonversi bahan bakarnya menjadi hidrogen.

Baca Juga:
Dapur Pacu GR Yaris Jadi Acuan Masa Depan Mesin Pembakaran Dalam Toyota, Ini Keunggulannya

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Pabrikan Mobil Ini Mulai Eksperimen Bahan Bakar Alternatif di Ajang Balap. Begini Hasilnya

Namun baru-baru ini Toyota gencar dengan hidrogen bukan hanya mobil balapnya saja, tetapi juga sampai mencoba suplainya dari perusahaan hidrogen di Australia yaitu J-Power.

Hidrogen tersebut dipakai untuk balapan di seri kelima Super Taikyu pada tanggal 18-19 September 2021 silam di Suzuka Circuit.

Baca Juga:
Andalkan Mobil Listrik dan Fuel Cell, Hyundai Mulai Jualan Lagi di Jepang

Toyota sengaja mengambil tantangan untuk mengambil suplai hidrogen dari luar Jepang agar masyarakat bebas karbon bisa lebih cepat terwujud melalui transportasi logistik.

(sumber: Kawasaki)

Untuk pengiriman hidrogen, menggunakan kapal pertama di dunia berbahan bakar hidrogen dari Kawasaki Heavy Industries.

Setibanya di Jepang, hidrogen tersebut diangkut dengan menggunakan truk fuel-cell electric vehicle untuk dikirimkan ke lokasi seri kelima Super Taikyu di Suzuka Circuit. 

Mulai 2022 Toyota akan menerapkan logistik seperti ini untuk suplai hidrogen kendaraan yang akan digunakan di ajang balap Super Taikyu. Selain itu rencananya di pertengahan 2025, Toyota akan memakai alat transportasi berbahan hidrogen untuk suplai dengan volume lebih besar.

(Joule)