Resmi Terungkap! Generasi Kedua Sportscar Toyota 86 dan Subaru BRZ

  • Oleh : Julfikri

Senin, 05/Apr/2021 16:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 5 Maret 2021 – Toyota dan Subaru secara resmi mengungkap sportscar generasi keduanya yaitu Toyota 86 dan Subaru BRZ.

Sebelumnya, BRZ sudah lebih dulu diungkap namun baru pasar Amerika Serikat, sedangkan untuk pasar Jepang, keduanya diungkap bersama dan untuk Toyota 86 baru hari ini.

Baca Juga:
Sportscar Toyota GR 86 Terungkap, Ini Bedanya dengan Subaru BRZ

(foto: Toyota)

Baca Juga:
Sekilas Tentang Toyota GR 86, Racikan Khusus Divisi Motorsport Toyota

86 generasi kedua sekarang berganti nama manjadi Toyota GR 86 sehingga menjadi model GR ketiga setelah GR Supra dan GR Yaris. Seperti yang diketahui, untuk lini performa tinggi Toyota memutuskan membawa nama Toyota Gazoo Racing atau dikenal sebagai “GR”.

Baca Juga:
Kolaborasi Dengan Subaru, Toyota 86 Generasi Terbaru Hadir 5 April 2021

(foto: Toyota)

Baik 86 maupun BRZ keduanya tentu mendapat pembaruan di eksterior dan interior. Selain itu sektor performa juga mengalami peningkatan seperti mesin yang sekarang memakai 2.400 cc FA24 bertenaga 235 hp dengan transmisi manual atau otomatis 6-percepatan.

Memiliki tenaga yang cukup besar, membuat keduanya mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 6,3 detik. Angka ini lebih cepat 1,1 detik dibanding pendahulunya.

(foto: Subaru)

Selain itu, bobot keduanya kini juga lebih ringan karena memakai material aluminium pada bodi.  Keduanya juga mendapat improvisasi pada sektor handling seperti center of gravity lebih rendah karena memakai atap aluminium serta  bodi lebih kaku.

Khusus transmisi otomatis, keduanya mendapat sistem keselamatan aktif yang memakai teknologi Subaru yaitu Eyesight untuk membantu mengurangi impak akibat benturan.

Toyota GR 86 (foto: Toyota)

Subaru BRZ (foto: Subaru)

Tentu keduanya memiliki pembeda, seperti selain brand juga lampu dan bumper depan seperti GR 86 memakai desain “melongo”, sementara BRZ tampil “tersenyum”.

 

(Joule)