Baru Rilis di Lexus LS 500h, Ini Dia Fitur Advanced Drive yang Menemani Pengemudi

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 09/Apr/2021 09:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 8 April 2021 – Toyota Motor Corporation merilis sedan Lexus LS 500h dengan fitur teknologi driving assist yaitu Advanced Drive.

Baca Juga:
Potensi Baru Elektrifikasi, Toyota Rilis MIRAI Generasi Kedua di Jepang

(sumber: Toyota)

Sebagai bagian dari Mobility Teammate Concept Toyota, Advanced Drive dirancang sebagai konsep mengemudi otomatis agar lebih tercipta komunikasi dengan mobil sehingga akan menjadi layaknya seorang teman dekat.

 

Advanced Drive tidak begitu berperan mengambil alih pengemudi, melainkan menemani karena meski teknologi sudah semakin maju, pengemudi tetap harus fokus ke jalan untuk mobilitas yang aman dan nyaman.

 

Oleh karena itu Advanced Drive memiliki karakteristik yang terdiri dari Intelligent (cerdas), Reliable (andal), Perceptive (perseptif), Interactive, and Upgradeable (dapat diupgrade).

(sumber: Toyota)

Teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berpusat pada deep learning digabungkan untuk memperkirakan berbagai kemungkinan ditemukan situasi saat mengemudi dan memberikan bantuan untuk respons pengemudi.

 

Dalam kasus di mana bahaya diperkirakan, baik di lingkungan sekitar atau kondisi pengemudi, sistem memberikan peringatan agar pengemudi dapat membuat keputusan atau menentukan bagaimana harus bertindak sesuai dengan proposal dari sistem.

 

Data mengemudi termasuk gambar eksterior, akan dikumpulkan untuk dikirim ke server data dan hasilnya digunakan sebagai referensi untuk pengembangan teknologi pemetaan dan keselamatan tingkat lanjut di masa mendatang.

 

Tentunya data bersifat privasi dan keamanan pengemudi dan individu yang tertangkap kamera menjadi pertimbangan saat dikumpulkan dan diproses.

(sumber: Toyota)

Advanced Drive akan lebih membantu pengemudi saat berkendara di jalan tol atau jalan raya khusus kendaraan bermotor lainnya apabila sudah menetapkan tujuan dalam sistem navigasi.

 

Ketika aktif, pengoperasian akselerator, rem, dan kemudi akan dilakukan oleh sistem sehingga mengurangi kelelahan selama berkendara dalam waktu lama dan membuat pengemudi bisa lebih memperhatikan lingkungan untuk mencapai berkendara yang aman.  

(sumber: Toyota)

Sistem on-board akan mendeteksi situasi dengan tepat, membuat keputusan, dan membantu mengemudi di bawah pengawasan pengemudi sesuai dengan kondisi lalu lintas yang sebenarnya.

 

Dengan sistem ini membuat pengemudi dapat menjaga kendaraan di jalurnya, jaga jarak dari kendaraan lain, navigasi perpecahan jalur, berpindah jalur, dan menyalip kendaraan lain hingga meninggalkan jalan raya menuju tujuan.

 

Sistem Advanced Drive menggunakan kamera monitor untuk mendeteksi status pengemudi seperti ke arah mana memandang, apakah mata terbuka atau tertutup, garis pandang, dan postur mengemudi.

 

Selain itu, jika mendeteksi bahwa pengemudi mulai tidak fokus, seperti mengantuk atau melirik ke arah selain jalanan, sistem akan mengeluarkan peringatan seperti sabuk pengaman bergetar, tampilan head-up berkedip, dan sebagainya untuk mendesak pengemudi supaya fokus.

(sumber: Toyota)

Tentunya Advanced Drive memiliki fungsi Toyota Safety Sense seperti pengereman otomatis apabila sistem mendeteksi bahwa akan terjadi benturan, namun ditambah sejumlah peringatan serta membantu pengemudi menghindari impaknya.

(sumber: Toyota)

Apabila sistem mendeteksi bahwa pengemudi dalam kondisi tidak sehat dari tidak adanya respon saat diberi peringatan, mobil akan dihentikan lajutnya dan menyalakan lampu hazard secara otomatis untuk memberi peringatan kepada pengguna jalan lain.

 

Setelah mobil berhenti, sistem akan membuka kunci dan kontak HELPNET agar pengemudi dapat diselamatkan secepatnya.

(sumber: Toyota)

Software Advanced Drive untuk kontrol dan pemetaan presisi tinggi akan terus update, bahkan dari kendaraan dikirimkan ke pelanggan, sehingga meningkatkan kenyamanan dan menyediakan teknologi terbaru.

 

Setelah LS 500h, fitur Advanced Drive juga akan hadir di mobil fuel-cell Toyota Mirai 12 April 2021 mendatang.

 

(Joule)