Tips Ringan Menjaga Fisik dan Konsentrasi Berkendara Sepeda Motor Saat Puasa

  • Oleh : ADV

Rabu, 14/Apr/2021 11:40 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Seluruh umat muslim di Indonesia, saat ini sedang menyambut bulan Ramadhan dengan melakukan ibadah berpuasa sebulan lamanya. Dalam menjalani puasa, aktivitas lainnya juga tetap dilakukan termasuk bekerja atau kegiatan di luar rumah. 

Tentunya, kegiatan saat berpuasa akan sedikit berbeda dengan hari-hari sebelumnya, apalagi bila kegiatan di luar rumah dilakukan dengan menggunakan sepeda motor. Untuk itu, Yamaha Riding Academy memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan ketika menggunakan sepeda motor saat berpuasa.

Baca Juga:
Diskon Hingga 60 Persen, Nissan Kembali Adakan Promo Spesial Bulan Ramadhan 2024

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, hal ini perlu diperhatikan terutama di awal bulan puasa karena tubuh manusia mengalami proses adaptasi, lalu dibutuhkan fisik yang bugar dan konsentrasi di jalanan. 

"PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengucapkan selamat menjalani ibadah puasa, semoga selalu diberikan kelancaran dan dipenuhi berkah melimpah di bulan Ramadhan ini. Tetap jaga kesehatan, Yamaha Riding Academy memberikan beberapa tips yang dapat digunakan," papar Antonius.

Baca Juga:
Gandeng Yamaha Corporation, Mitsubishi Motors Benamkan Sistem Audio Premium di SUV XForce

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah persiapkan makanan ringan dan minuman untuk memudahkan berbuka di jalan. Apalagi, jika tiba waktunya berbuka namun pengendara motor masih berada di jalan, menuju tempat tinggal.

Lalu, saat berkendara jarak jauh, jika fisik mulai lelah sebaiknya istirahat dahulu di area yang nyaman. Pada awal puasa biasanya jalan lebih padat di sore hari menjelang waktu buka puasa, jadi tetap jaga konsentrasi dan jaga jarak aman.

Baca Juga:
Sudah Bisa Pre-Order, Mitsubishi XFC Concept Versi Produksi Akan Meluncur di GIIAS 2023

Saat pulang dari aktivitas pekerjaan, disarankan pengendara sudah bisa menentukan area untuk berhenti jika mengharuskan berbuka di jalan. Hindari berkendara dengan terburu-buru, saat berkendara mengejar waktu berbuka di rumah.

Waspada jika melewati area yang ramai saat menjelang buka puasa (area dimana banyak orang mencari makanan untuk berbuka). Saat tiba waktu untuk berbuka namun masih di perjalanan, harus tetap berhati-hati mencari tempat untuk berhenti. 

"Hindari parkir di tepi jalan untuk menghindari tertabrak pengendara lain karena kondisi jalan yang ramai," kata Antonius. Selain itu, pengendara juga wajib menerapkan safety riding dalam berkendara.

Bisa dilakukan dengan mengunakan safety gear seperti helm dengan visor, gunakan sepatu yamg nyaman untuk perlindungan kaki, jaket dan sarung tangan. Lalu jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar, disarankan memakai perlengkapan berkendara berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain.

Kondisi ban juga harus baik dan memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah selip. Tak lupa saringan udara, cvt area tidak terbuka agar motor tidak mudah mogok atau rusak, serta kondisi rem baik atau pakem.

Tak kalah penting, pengendara wajib menerapkan aturan protokol kesehatan, dengan menjaga fisik agar mendukung imunitas tubuh. Lalu gunakan safety gear yang tepat dan bersih, tidak bertukar dengan orang lain.

Jaga jarak saat bertemu orang lain, misalnya ketika membeli makanan dan minuman saat buka puasa di perjalanan. "Demikian sejumlah tips dari Yamaha Riding Academy, semoga dapat memberikan guidance untuk pengendara sepeda motor saat berkendara di jalan di bulan puasa ini," pungkas Antonius. (EPS)