Wajah Baru Lexus ES Minor Change, Lebih Elegan dan Modern

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 21/Apr/2021 20:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Lexus secara resmi merilis minor change untuk mobil keduanya yaitu Lexus ES. Minor change tersebut bukan hanya berpenampilan lebih elegan tetapi juga lebih canggih dengan sejumlah improvisasi fiturnya.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

(sumber: Lexus)

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

ES minor change, mengalami perubahan pada lampu depan dengan triple beam serta teknologi BladeScan Adaptive High-Beam System, agar visibilitas berkendara di malam hari lebih jelas dan presisi sekaligus membuatnya memiliki tatapan lebih tajam.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

(sumber: Lexus)

Selain itu, terdapat perubahan desain pada spindle grill-nya dengan mesh pattern, yang mengikuti bentuk sekelilingnya yang terlihat lebih elegan dan tegas.

(sumber: Lexus)

Pelek juga sudah memakai desain baru dengan ujung palang lebih tebal dan berlapis dalam formasi “V” untuk menciptakan kesan sporti untuk ukuran 17 inci. Sementara untuk ukuran 18 inci dengan palang multi-axis dan warna hitam membuatnya tampil lebih mewah.

(sumber: Lexus)

Untuk tipe F-Sport, peleknya juga sudah berdesain baru dengan warna glossy black, agar selaras dengan warna gril yang membuatnya terlihat lebih tegas.

ES juga tersedia warna baru yaitu Sonic Iridium yang mampu menonjolkan bentuk kendaraan, dan Sonic Chrome warna metalik dengan finishing high-gloss.

(sumber: Lexus)

Selain Hazel yang baru diaplikasikan, interior juga hadir dalam warna Mauve cokelat keabu-abuan yang baru dikembangkan.

Material walnut dan warna Sumi Black dan Dark Brown yang baru dikembangkan juga diaplikasikan agar menciptakan kesan mewah.

Ornamentasi hairline dilakukan dengan proses laser sehingga menciptakan suasana yang lebih halus dan modern.

(sumber: Lexus)

Untuk tipe F Sport kini hadir dalam warna putih, dengan bantalan kursi dalam skema warna White-and-Flare Red yang dipadukan dengan sandaran kursi dalam warna hitam agar lebih sporti.

Sistem multimedia sudah memiliki fitur layar sentuh, yang dirancang berdasarkan human-centered approach Lexus.

Jarak antara pengemudi dan layar lebih dekat sekitar 100 mm dan dimiringkan sekitar lima derajat sehingga lebih mudah dijangkau. Sementara layar display menggunakan material kaca untuk meningkatkan visibilitas dan pengoperasian.

(sumber: Lexus)

Sejumlah fitur keselamatan aktif Lexus Safety System+ juga ditingkatkan dengan menambah daya jangkau serta responsivitasnya sehingga akan lebih mengurangi peluang terjadinya benturan.

Seperti Pre-Collision system, Emergency Steering Assist, Lane Tracing Assist, Dynamic Radar Cruise Control, Automatic High Beam, Road Sign Assist, dan Emergency Driving Support System.

Spion digitalnya juga telah ditingkatkan kemampuannya sehingga membuat objek yang menyinari kearah mobil lebih jelas.

(sumber: Lexus)

Suspensi Adaptive Variable Suspension (AVS), sudah menggunakan aktuator baru dan ditampilkan di F Sport yang meningkatkan respons kemudi dan stabilitas dengan memperluas rentang variable gaya redaman, serta jalur aliran katup control oli solenoida control hidrolik.

(sumber: Lexus)

Untuk suspensi belakang juga sudah memiliki struktur lembaran ganda, sehingga membuatnya lebih kaku namun tetap nyaman dalam kecepatan tinggi.

Performa pengereman juga turut ditingkatkan menyesuaikan varian mesin, baik itu bensin maupun hybrid.

(sumber: Lexus)

Untuk versi mesin bensin, langkah diam pedal rem dikurangi dengan memperbaiki struktur internal master cylinder dan booster

(sumber: Lexus)

Sementara versi mesin hybrid, kemampuan kontrol rem ditingkatkan dengan mengubah konstanta kontrol dari sistem pengereman yang dikontrol secara elektronik

Area kontak untuk kaki pengemudi diperluas dengan mengubah bentuk bantalan pedal rem, sehingga meningkatkan stabilitas saat pedal rem diinjak.

Kekakuan pada pedal rem telah ditingkatkan dengan meningkatkan metode pemasangan untuk bushing internal konfigurasi penghubungnya.

(Joule)