Pengguna SUV Wuling Almaz RS Musti Pahami Teknologi Canggih Ini

  • Oleh : anto

Kamis, 22/Apr/2021 10:05 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Wuling Motors Indonesia sedang gencarnya memberikan pengenalan lebih dalam kepada para pengguna SUV Almaz RS mengenai inovasi teknologi canggih yang disematkan, yakni Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

 

Baca Juga:
Wuling Tampilkan Penyegaran Eksterior dan Interior New Almaz RS di GIIAS 2023

Pasca SUV Almaz RS resmi diluncurkan, Wuling giat memperkenalkan informasi lebih lengkap mengenai inovasi terbarunya ini, khususnya Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

 

Baca Juga:
Rayakan Hari Jadi ke-5 Tahun, Begini Kiprah Sukses dan Perjalanan Inovasi Wuling Motors di Indonesia

“Dalam menghadirkan WISE, kami memungkinkan penggunanya untuk mengeksplor lebih mendalam serta melakukan personalisasi,” jelas Dimas Agus, App Operation Wuling Motors.

 

Baca Juga:
Wuling Cetak Ribuan SPK Selama GIIAS 2021, Almaz dan Almaz RS Paling Laku

Hal ini disampaikannya kepada segenap awak media secara virtual melalui sesi zoom meeting yang diadakan pada Rabu, 21 April 2021 lalu.

 

Menurut Dimas, dalam memaksimalkan fitur-fitur yang tergabung dalam IoV, konsumen harus dapat mengetahui keseluruhan fungsi agar dapat menggunakan beragam fitur yang dimiliki secara optimal.

 

Fitur IoV ini memberikan berbagai kendali dalam genggaman pengguna dengan adanya koneksi antara smartphone dengan Almaz RS yang dimilikinya.

 

Langkah pertama, pengguna diharuskan melakukan registrasi akun, mengikat kendaraan, serta mendaftarkan kunci Bluetooth via My Wuling+.

 

Jika ingin meminjamkan kendaraan ke orang lain, pengguna bisa melakukan pengaturan pada pilihan ‘Manajemen Otorisasi Kunci’.

 

Kemudian, pastikan orang lain yang diberikan otorisasi akses kunci telah memiliki e-mail akun My Wuling+ yang sudah diaktivasi.

[Ki-Ka] Danang W. (Product Planning Wuling Motors), Taufik S. Arief (Aftersales Dir. Wuling Motors), Dimas A. (App Operation Wuling Motors)

 

Pengguna juga bisa melakukan preset navigasi untuk bisa menentukan terlebih dahulu tujuan navigasi bahkan sebelum memasuki kendaraan.

 

Setelahnya, navigasi akan aktif secara otomatis sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya saat setelah ponsel terinterkoneksi secara screen cast dengan headunit.

 

Fitur menarik lainnya adalah interkoneksi ponsel yang memungkinkan pengguna untuk memproyeksikan aplikasi pada smartphone ke layar headunit, yang dapat dilakukan secara nirkabel dan kabel.

 

Terakhir, yang musti dipahami adalah system Advanced Driver Assistance System (ADAS), berisi berbagai fitur yang membantu mengurangi beban kerja pengemudi. Sehingga meningkatkan aspek keselamatan sekaligus kenyamanan.

 

ADAS didukung sensor berupa radar dan kamera resolusi tinggi berperan sebagai indera tambahan untuk membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar.

Selanjutnya akan diproses oleh sistem sehingga kendaraan memberi respon yang sesuai. Fitur-fitur ADAS memiliki beberapa syarat dan batasan agar dapat aktif.

 

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menyarankan perlunya bagi pengguna Almaz RS untuk mempelajari dan memahami buku manual kendaraan sebelum berkendara.

 

Misalnya, untuk mengaktifkan fitur bantuan jelajah adaptif (adaptive cruise), seluruh pintu harus tertutup rapat, pengemudi harus menggunakan sabuk pengaman, transmisi ada di posisi D, sistem ESC aktif dan rem parkir tidak aktif.

 

“ADAS bersifat sebagai bantuan, dan tidak menggantikan peran utama pengemudi. Tiap pengemudi harus selalu waspada dan bertanggung jawab terhadap kondisi lalu lintas dan tetap aktif merespon keadaan sekitar,” tegas Danang.

 

Untuk merasakan sensasi berkendara bersama inovasi WISE, Wuling saat ini menyediakan unit test drive Almaz RS selama IIMS Hybrid 2021 berlangsung. Lokasi persisnya berada di Smart Driving Car Area dekat Pasar Gambir, JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Boleh dicoba, nih. (anto)