Ini Fitur Duo Toyota Raize-Daihatsu Rocky yang Hanya Ada di Indonesia, Apa Saja?

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 30/Apr/2021 19:30 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Indonesia menjadi negara kedua peluncuran duo SUV kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky setelah Jepang pada tahun 2019.

Namun ada beberapa spek yang hanya ada di Indonesia, semenjak di Jepang spek tersebut untuk saat ini tidak ada, bahkan jatuhnya bisa menjadi pertama di dunia.

Baca Juga:
Masuki Kuartal II 2021, Penjualan Ritel Daihatsu Naik 10,6%

(foto: Toyota)

Baca Juga:
Ini Tipe Daihatsu Rocky JDM yang Fiturnya Mirip dengan Versi Indonesia

Pertama dari GR Sport yang baru ada di Raize pasar Indonesia, sementara di Jepang sendiri tidak ada. Padahal Raize peminatnya termasuk tinggi di Jepang dan GR Sport sudah berekspansi ke lini Daihatsu seperti Copen GR Sport.

Baca Juga:
Peduli Pendidikan, Daihatsu Berbagi Pengetahuan Teknologi Otomotif kepada Ratusan Guru SMK

(foto: Daihatsu)

Sementara untuk Daihatsu, Rocky ADS tentu saja hanya ada di Indonesia. Namun untuk ADS gaumnya tentu tidak sebesar GR Sport.

Selain itu mesin 1.200 cc 3-silinder WA-VE benar-benar baru ada di Raize dan Rocky pasar Indonesia. Mesin tersebut tidak ada di Daihatsu pasar Jepang satupun, sehingga mesin ini merupakan yang pertama di dunia diterapkan ke mobil produksi.

(foto: Toyota)

Kemudian transmisi manual 5-percepatan untuk mesin 1.000 cc turbo juga baru ada di Indonesia, karena di Jepang, Raize ataupun Rocky hanya tersedia transmisi CVT, begitu juga saudaranya dari Malaysia, Perodua Ativa.

Kehadiran transmisi manual 5-percepatan tersebut juga benar-benar pertama dalam lini produksi Daihatsu New Global Architecture (DNGA), karena mobil pertamanya, Daihatsu Tanto, hanya tersedia transmisi CVT.

Meski di Jepang sendiri belum ada, bisa saja suatu saat fitur seperti itu juga ada di Jepang, apalagi Raize ataupun Rocky peminatnya cukup tinggi di Jepang,

Seperti Toyota C-HR misalnya, sebagai salah satu SUV terlaris di Jepang sebelum Raize ada, awalnya tidak ada transmisi manual, namun begitu facelift baru tersedia. Bukan hal yang tidak mungkin itu terjadi di Raize ataupun Rocky.

(Joule)