Jadi Incaran Kolektor, Mitsubishi Lancer Tommi Makinen Edition Terjual dengan Harga Fantastis

  • Oleh : ADV

Kamis, 06/Mei/2021 15:16 WIB


SoundandMachine.com (London) - Tak dapat dipungkiri, Mitsubishi Lancer Evolution (Evo) pastinya menjadi salah mobil impian dari para pecinta otomotif di seluruh dunia, termasuk saya penulis artikel ini. Reputasinya di ajang rally sudah tidak diragukan lagi, dan banyak titel juara dunia sekelas WRC diraih. 

Sejak pertama kali diluncurkan tahun 1992, rival mobil sport JDM lainnya seperti Subaru Impreza WRX STi, Nissan Skyline GT-R, Toyota Supra tersebut, sudah berevolusi sebanyak 10 kali. 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Libur Lebaran 2024, Mitsubishi Buka 7 Posko Siaga dan 50 Bengkel Resmi

Nah, salah satu Lancer Evo yang paling populer mungkin ada pada generasi 6, karena pereli Tommi Makinen seakan tak terbendung di ajang rally dunia. Bahkan ia menyabet gelar juara dunia sebanyak 4 kali, menggunakan mobil tersebut.

Baca Juga:
Penjualan Xpander dan Pajero Sport Naik, Mitsubishi Perkuat Pangsa Pasar di Indonesia

Sebagai bentuk penghargaan, Mitsubishi lantas meluncurkan edisi khusus dengan nama Tommi Makinen Edition (TME). Mobil ini diluncurkan oleh Mitsubishi Motors pada tahun 2000, secara terbatas.

Memiliki basis dari Evolution 6 standar, namun ada ubahan beberapa bagian, sehingga menyerupai bentuk versi relinya. Meski begitu, mobil ini masih nyaman untuk bisa digunakan di jalan raya. 

Baca Juga:
Diproduksi Lokal, Mitsubishi L100 EV Jadi Kendaraan Niaga Ringan Paling Lengkap Fiturnya

Kini, Lancer Evo 6 TME menjadi sosok mobil yang diburu para kolektor. Harga pasarannnya pun bisa dibilang 'gelap' alias tidak ada patokan baku, karena ketersediaan unitnya pun tidak banyak.

Baru-baru ini, Lancer Evo 6 TME terjual dalam acara lelang di Inggris dengan nomimal yang cukup tinggi, yakni £ 100.100 atau senilai Rp 1.99 Miliar. Tentunya ini menjadi sebuah angka yang fantastis.

Direktur operasi Mitsubishi Inggris, Paul Bridgen mengatakan kondisi mobil tersebut terawat sangat baik dan masih terjaga tingkat orisinalitasnya. "Ada kesibukan tawaran pada menit-menit terakhir saat mendekati batas waktu lelang. Mobil ini memang sangat berharga," tutur Paul.

Mengenai dapur pacu, Lancer Evo 6 TME menggunakan mesin 4G63, berkapasitas 2.000 cc dengan titanium turbocharger sebagai standar di GSR dan opsional di tipe RS. Tenaganya sendiri mencapai angka 280 dk dan torsi maksimal 373 Nm. Tenaga tersebut, disalurkan ke 4 roda melalui transmisi manual 5 percepatan.

Lancer Evo IX by HKS

Selain Lancer Evo Tommi Makinen Edition, Mitsubishi Inggris juga melelang beberapa mobil spesial lain, seperti Mitsubishi Lancer Evolution IX MR FQ-360 by HKS, dan Evo X number 40 (model terakhir dari edisi khusus FQ-440 MR).

Model lain yang dijual termasuk replika reli Galant GLSi, Mk1 Shogun yang benar-benar dalam kondisi asli, Jeep J27, Mk2 Shogun V6 SWB, hingga "Supercar" ikonik Mitsubishi seperti Starion dan Mitsubishi 3000GT juga ikut dalam lelang. 

"Kendaraan ini mewakili sebagian besar dari warisan dan sejarah Mitsubishi di Inggris. Saya telah mengawasi pengembangan beberapa kendaraan ini secara pribadi. Mereka semua akan pergi ke pemilik baru yang mau menghargai dan lestarikan untuk generasi mendatang," pungkas Paul. (EPS)