Akhirnya! Honda Civic Type R Facelift Resmi Masuk Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 07/Mei/2021 19:55 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Setelah varian hatchback dan sedan, akhirnya Honda Civic Type R mendapat facelift untuk pasar Indonesia, meskipun sudah sekitar setahun setelah world premiere-nya.

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

(foto: Honda)

Civic Type R facelift mendapat pembaruan pada sisi eksterior yang kembali menegaskan karakter sporty dengan desain baru pada bumper depan, bumper belakang dengan diffuser, Rear Wing Spoiler, dan Vortex Generator di garis belakang pada atap.

Baca Juga:
Generasi Terbaru Honda Accord Resmi Meluncur, Tampilan Kian Sporty dengan Teknologi Terkini

Side skirt, carbon effect fiber serta Underbody Spoiler Kit with Red Striping juga menambah kesan sporty pada mobil ini. Bagian depannya, dilengkapi dengan Full LED headlights dan LED Daytime Running Lights.

Baca Juga:
Prototipenya Jadi Riset Mobil Listrik di Indonesia, Honda N-Van Mulai Dijual Tahun 2024

(foto: Honda)

Triple Exhaust with Finisher diposisikan di tengah untuk menjaga aliran udara, dimana knalpot utama di kedua sisi menyalurkan udara dari mesin, sementara bagian tengahnya yang berukuran lebih kecil berfungsi untuk mengendalikan sonic tone pada mesin.

Konsep bodinya, terinspirasi dari lintasan balap yang menghadirkan desain bodi aerodinamis untuk memberikan keseimbangan saat bermanuver.

(foto: Honda)

Di balik ban yang membungkus pelek 20 inci-nya terdapat Tire Pressure Monitoring System untuk memonitor tekanan angin pada ban yang dapat dilihat oleh penggunanya pada panel instrumen.

Dari sistem tersebut, pengendara juga akan diberi peringatan melalui layar MID saat sistem mendeteksi tekanan ban mobil yang kurang dari standar.

(foto: Honda)

Interior mendapat update dengan Wireless Charging pada bagian depan kabin, agar memudahkan penggunanya untuk mengisi daya smartphone, serta shift knob desain baru yang terlihat semakin sporty.

Setirnya juga terdapat perubahan dengan material baru yaitu New Alcantara Wrapped Steering Wheel dengan ketebalan ideal agar merasakan genggaman yang lebih baik.

Civic Type R facelift mendapatkan sasis, suspensi, serta kemudi responsif dan stabilitas kecepatan tinggi yang sudah ditingkatkan dari sebelumnya. Termasuk kepingan rotor pada 2 Piece Disk Brake barunya yang dapat menghasilkan pendinginan saat terjadinya gesekan.

Adaptive Damper System-nya juga mendapatkan re-setting agar lebih nyaman selama berkendara berkat peredaman lebih baik di semua mode.

Mesin masih menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbo dengan tenaga maksimal 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm.

Namun transmisi manual 6 percepatannya telah disempurnakan oleh Rev Match System, yang membuat tenaga maksimumnya dipertahankan saat perpindahan gigi.

Di luar negeri seperti Jepang, Civic Type R facelift sudah dilengkapi Honda SENSING namun untuk pasar Indonesia fitur tersebut ditiadakan.

(foto: Honda)

Civic Type R facelift tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship White, dan dibanderol dengan harga Rp.  1.177.000.000,- on the road wilayah Jakarta untuk kepemilikan orang pertama tahun 2021.

(Joule)