Gandeng Brembo, 3D Design Rilis Paket Upgrade Rem Mobil BMW

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 15/Mei/2021 16:41 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Tuner spesialis BMW asal Jepang, 3D Design, merilis produk terbarunya yaitu sistem rem dari hasil kolaborasi dengan Brembo Japan.

Disebut sistem rem, karena untuk meningkatkan performa pengereman mobil BMW bukan hanya komponen tetapi juga soal kecocokan atau kompatibilitasnya, dan 3D Design membaginya menjadi dua konfigurasi paket upgrade.

Baca Juga:
Siap Ngebut di Sirkuit, BMW M5 Competition Anyar Dibekali Mesin Paling Bertenaga

Konfigurasi sistem rem GTB dengan rotor multi-slit untuk rem depan (sumber: 3D Design)

Baca Juga:
Kembali Hadir di Indonesia, Ini Dia 6 Referensi Modifikasi BMW Seri-3 Wagon Terbaru

Konfigurasi sistem rem GTB dengan rotor multi-slit untuk rem belakang (sumber: 3D Design)

Konfigurasi pertama yang disebut GTB, untuk mobil BMW yang telah dilengkapi rem parkir elektrik di belakang dengan upgrade rotor dan kaliper untuk rem depan, dan rem belakang hanya rotornya saja.

Baca Juga:
Kurang Puas Dengan M Performance? Manhart Sediakan Tuning untuk BMW M3 Generasi Terbaru

Saat ini baru tersedia untuk BMW seri 3 atau 4 berkode G2x, termasuk M Sport Brake sebagai standar, dan Z4 seri G29. Nantinya akan ditambah ketersediaan untuk seri lain.

Namun untuk seri 8 yang menjadi mobil demo, hanya rem depannya saja yang di-upgrade karena rem belakangnya sudah besar, dan 3DDesign akan menginvestigasi kecocokannya.

Konfigurasi sistem rem GTK dengan rotor multi-slit untuk rem depan (sumber: 3D Design)

Konfigurasi sistem rem GTK dengan rotor multi-slit untuk rem belakang (sumber: 3D Design)

Kemudian konfigurasi kedua yang disebut GTK, khusus kendaraan BMW yang kaliper rem depan-belakangnya bisa diganti, seperti M2, M3, dan M4 berkode F8x.

Rem tersebut menggunakan rotor bertipe multi-slit, untuk pemakaian lebih keras karena biasa dipakai di ajang motorsport dan itu bukan yang biasa dibuat oleh Brembo selaku manufaktur.

“Kami merilisnya dengan penuh kepuasan karena upgrade rem itu esensial agar dapat menerima performa dari mesin yang telah dituning.” ungkap Toru Endo, Senior Managing Director 3D Design dalam blog-nya (20/4/2021).

(Joule)