Bukan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Ini Dia Mobil Pertama Bermesin 1KR-VET

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 19/Mei/2021 10:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, yang masuk Indonesia dibekali mesin 3-silinder turbo 1.000 cc 1KR-VET sebagai sumber tenaga penggeraknya. Namun ternyata, duo SUV kompak itu bukan lah mobil pertama yang menggunakan mesin tersebut.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Toyota Roomy (kiri) (sumber: Toyota), Daihatsu Thor (kanan) (sumber: Daihatsu)

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Subaru Justy (sumber: Subaru)

Pasalnya sudah ada Toyota-Daihatsu yang lebih awal memakai mesin tersebut, yakni Toyota Roomy dan Daihatsu Thor pada 9 November 2016, kemudian Subaru Justy 12 hari kemudian.

Baca Juga:
Dari Penjualan Hingga Kesiapan Mudik 2024, Toyota Semakin Jagokan Kendaraan Elektrifikasi

interior Toyota Roomy (foto: Toyota)

Trio kendaraan Toyota-Daihatsu-Subaru tersebut berjenis minivan kompak yang berarti memiliki dimensi, kapasitas 5-penumpang dan kelincahan mobil kompak, namun dengan kelegaan dan akses penumpang belakang sliding door layaknya sebuah minivan.

Mesin 1KR-VET (sumber: Toyota)

Meski bukan produk yang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) seperti duo Raize-Rocky, trio Roomy-Thor-Justy sudah tersedia mesin 1KR-VET dari awal perilisan.

Seperti mesin seri KR lainnya, 1KR-VET berstatus mesin Toyota selaku induk perusahaan meskipun memanfaatkan pabrik Daihatsu dalam perakitan mesinnya.

1KR-VET merupakan mesin dengan konsep downsizing, karena dengan kapasitas 1.000 cc bisa memiliki torsi maksimum setara mesin 1.500 cc naturally aspirated berkat adanya turbo.

Mesin tersebut memiliki dual injector, dual intake port, triple water jacket di cylinder head, saluran diantara exhaust valves, dan crankcase ventilation dengan ejector.

Tenaga dan torsi maksimum tetap sama, namun transmisi CVT-nya berbeda karena komponen trio Roomy-Thor-Justy bukan bagian dari platform DNGA, sementara duo Raize-Rocky sudah.

Trio Roomy-Thor-Justy hanya dijual di Jepang, namun untuk Thor pernah tampil di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017.

(Joule)