Tips Ringan Merawat Karet Pintu Mobil Agar Tetap Awet

  • Oleh : ADV

Rabu, 26/Mei/2021 10:21 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Meski menjadi bagian yang sering disentuh, namun pintu mobil kerap luput dari perawatan. Padahal pintu adalah salah satu bagian penting dalam sebuah mobil.

Bisa dibayangkan bila pintu mendadak macet tidak bisa dibuka, atau tidak lagi dapat menutup rapat sehingga suara bising dari luar ikut masuk ke dalam kabin, tentunya akan mengurangin kenyamanan. 

Baca Juga:
Astra Hadirkan Compact SUV Peugeot 2008, Harga Tak Sampai Rp 500 juta

Nah, salah satu komponen yang terdapat di pintu mobil adalah karet, atau yang biasa dikenal dengan karet pintu. Karet berbentuk panjang tersebut, terpasang mengelilingi seluruh area pintu. Fungsinya, sebagai peredam getaran (impact) saat buka tutup pintu.

Baca Juga:
Ini yang Bikin Suspensi Peugeot 3008 & 5008 Active Tetap Nyaman

Selain itu, karet pintu juga berfungsi untuk menambah tingkat kekedapan suara kabin mobil. Jika sudah lama dipakai dan tidak terawat, maka fungsinya akan berkurang dan sudah selayakanya harus diganti.

Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak mengatakan, adapun ciri karet pintu sudah berkurang performanya dapat terlihat dari teksturnya yang keras dan tidak elastis lagi.

Baca Juga:
Meski Belum Diresmikan, Peugeot 2008 Sudah Bisa Dipesan dengan DP Rp 49 Juta

"Cara mengetahui ciri-ciri karet pintu harus diganti. Pertama, bentuknya berubah jadi gepeng. Kurang kedap suara di kabin hingga terdengar suara angin seperti siulan. Terakhir, secara fisik karet tampak rusak. Jika ciri-ciri itu mulai terlihat dan terasa ada baiknya peranti ini diganti baru," jelas Rafi’i.

Lebih lanjut ia mengatakan, apabila ditemukan karet mobil berbentuk gepeng, basanya saat menutup pintu mobil muncul suara besi seperti beradu, karena daya redam karet tersebut sudah menurun.

Tambah tidak karuan jika komponen ini bukan cuma usang, tapi rusak atau robek parah, sehingga dapat dipastikan air dari luar sangat mudah menyusup ke dalam kabin. Agar hal itu tidak cepat terjadi, setidaknya pemilik mobil masih bisa mengusahakan agar karet-karet pada pintu mobil bisa tahan lama juga awet.

Paling penting pilihlah tempat parkir yang teduh. Karena mobil yang teduh dari paparan sinar matahari terik, membuat karet terutama di pintu tidak cepat kering dan bisa tahan lebih lama. 

"Lalu hindari kontak langsung dengan karet, terutama saat keluar-masuk mobil atau memasukkan dan mengeluarkan barang. Karena gesekan keras bisa membuat karet mudah robek,” tanbah Rafi’i.

Biasakan membersihkan kotoran yang menempel pada karet pintu. Caranya adalah dengan mencuci, menyiram di sela-sela lekukan pada karet mobil. Gunakan air bersih untuk merontokkan kotoran.

"Atau bisa juga memanfaatkan cairan silikon untuk menjaga kelembaban karet tersebut. Cairan ini juga bisa dimanfaatkan ketika mobil terpapar sinar matahari yang menyebabkan karet pintu menjadi kering dan tidak tahan lama," pungkas Rafi'i. (EPS)