Angin Segar Bagi Kolektor, Stellantis Produksi Lagi Suku Cadang Beberapa Mobil Klasik

  • Oleh : ADV

Jum'at, 28/Mei/2021 13:36 WIB


SoundandMachine.com (Italia) - Bagi para pemilik atau kolektor mobil klasik, mencari suku cadang atau spare part tentu menjadi suatu tantangan tersendiri. Apalagi, bila ketersediaannya di pasaran sudah langka karena tidak diproduksi lagi.

Nah, bagi para pemilik mobil klasik, ada kabar baik nih dari Grup Stellantis. Sebab, mereka telah mengumumkan telah memproduksi lagi suku cadang baru untuk model mobil klasik (Heritage) yang dahulu pernah mereka pasarkan.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Grup Stelantis sendiri merupakan gabungan dari Fiat Chrysler Automobiles, yang merger dengan Groupe PSA pada awal tahun ini. Adanya suku cadang baru, merupakan  proyek dari Departemen Heritage Stellantis yang didedikasikan untuk pemeliharaan mobil merek Alfa Romeo, Fiat, Lancia, dan Abarth.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Di antara komponen yang diproduksi kembali, yakni bemper depan dan belakang untuk Lancia Delta HF Integrale dan Delta HF Integrale Evoluzione, dan diikuti oleh bemper depan dan belakang untuk Alfa Romeo 147 GTA.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Selain itu, masih banyak lagi komponen pengganti untuk perawatan mobil-mobil klasik. Bagi mobil yang bodinya sudah termakan karat, kini lini produk-produk Heritage Parts juga telah bergabung dengan rangkaian tujuh panel bodi pengganti untuk Lancia Delta HF Integrale Evoluzione.

Untuk mobil ini, kap mesin, spatbor, dan panel pintu telah dibuat dari cetakan yang diperoleh melalui proses rekayasa ulang, dibantu oleh pemindaian digital bagian-bagian dari unit tampilan Delta HF Integral Evoluzione. 

Seorang juru bicara dari Stelantis mengatakan, suku cadang panel body ini dibuat dari baja karbon, yang merupakan bahan yang sama yang digunakan untuk komponen aslinya, dengan galvanisasi tambahan.

"Produk dari lini Heritage Parts dibuat khusus dari cetakan dan bahan asli, untuk memastikan kualitas dan kesesuaian pada mobil lama yang tidak diproduksi lagi dan  memerlukan suku cadang ini," katanya.

Selain komponen untuk Lancia Delta HF Integrale Evoluzione, batch terbaru juga terdiri dari 31 komponen asli yang telah diproduksi dalam jumlah terbatas untuk Alfa Romeo GTV dan GTV Spider, Alfa Romeo GT, 147 dan 156, Fiat Coupe dan Fiat Barchetta. 

Diantaranya 10 unit injeksi dan 21 bagian bodi, termasuk bumper, spatbor, pintu, tailgate, dan kap mesin. Reproduksi komponen untuk model yang dihentikan ini, dinilai sangat penting untuk pemeliharaan berkelanjutan mobil-mobil yang bisa menjadi investasi berharga di masa depan itu. (EPS)