Meski Sukses Secara Global, Honda Berupaya Pertahankan Civic di Jepang

  • Oleh : Julfikri

Senin, 14/Jun/2021 10:50 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Meski berjasa membesarkan brand hingga sukses secara global dari segi penjualan, tidak berarti Honda Civic juga berjaya di negerinya sendiri yaitu Jepang.

Pasalnya, Honda sangat berjuang mengupayakan bagaimana supaya semua generasi Civic bisa eksis di negeri Sakura tersebut, bagaimanapun situasi dan kondisinya.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Dikutip dari bestcarweb.jp, setidaknya fenomena tersebut mulai terjadi semenjak Honda merilis mobil kompak Fit, atau Jazz jika di Indonesia, pada tahun 2001.

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

Honda Civic hatchback generasi ketujuh (sumber: Honda)

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Honda Civic Ferio (sumber: Honda)

Pasalnya, kehadiran Fit membuat popularitas Civic hatchback di Jepang jadi tergerus, sementara untuk varian bodi sedannya, yang waktu itu bernama Civic Ferio, relatif bertahan.

Honda Civic hatchback generasi kedelapan (sumber: Honda)

Honda Civic hatchback generasi kedelapan Type R (sumber: Honda)

Memasuki generasi kedelapan pada tahun 2005, Honda merilis Civic hanya varian sedannya saja hingga membuat Civic Type R hadir pertama kalinya dengan bodi tersebut pada tahun 2007.

Honda Civic Type R Euro (sumber: Honda)

Kemudian pada tahun 2009, Honda juga merilis Civic Type R Euro atau versi hatchback-nya, namun disuplai dari pabriknya di Swindon, Inggris, seperti generasi sebelumnya.

Honda Civic hatchback generasi kesembilan (sumber: Honda)

Memasuki generasi kesembilan, untuk pemasaran Civic di Jepang Honda hanya memasukkan Type R-nya saja pada tahun 2015 dan itupun 750 unit, meskipun motifnya karena terinspirasi waktu tercepat di Nurburgring, yaitu 7 menit 50 detik, dan stop beredar pada tahun 2016.

Honda Civic generasi kesepuluh (dari kiri ke kanan: sedan, Type R, hatchback) (sumber: Honda)

Sadar produk global unggulannya terdepak di negerinya sendiri, dalam perhelatan Tokyo Auto Salon 2017 Honda memutuskan untuk menghadirkan kembali semua varian Civic seperti sedan, hatchback, dan Type R di generasi kesepuluh di Jepang.

Untuk varian hatchback dan Type R, Honda menyuplainya dari Swindon, Inggris, sementara varian sedan dirakit secara lokal di Yorii, Jepang.

Namun sayangnya pada tahun 2020, Honda kembali menghentikan peredaran Civic sedan karena menurut kutipan bestcarweb.jp , penjualannya kurang bagus. Namun sekarang pasarnya digantikan oleh Honda Insight yang masih satu platform dengan Civic namun bermesin hybrid.

Honda mengumumkan bahwa Civic akan tetap beredar di Jepang begitu memasuki generasi berikutnya yang dijadwalkan akan diungkap pada tanggal 24 Juni 2021 mendatang, meskipun kemungkinan hanya hatchback dan Type R-nya.

Untuk tempat perakitan belum diketahui persisnya, namun bisa dipastikan tidak lagi di Swindon, Inggris seperti model sekarang, karena akan ditutup pada pertengahan 2021.

(Joule)