Temani Sportscar Klasik S800, Honda Pajang S660 di Dreams Cafe

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 15/Jun/2021 10:36 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – PT. Honda Prospect Motor (HPM) memajang sportscar berdimensi mungil yaitu Honda S660 di Dreams Cafe, Senayan Park, Jakarta Pusat.

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Kehadiran S660 di Dreams Café menemani sportscar sesepuhnya yaitu Honda S800, sekaligus menggantikan mobil konsep Honda N7X yang sudah dipindah ke Main Atrium Trans Studio Bandung, Jawa Barat untuk roadshow.

Baca Juga:
Mulai dari Nol, Honda Kenalkan Mobil Listrik Masa Depan dan Logo Baru Khusus EV

S660 dibuat dalam rangka 50 tahun Honda Research and Development (R&D) sebagai sportscar atap terbuka inovatif dengan dynamic advanced styling dan kokpit yang benar-benar berorientasi kepada pengemudi dengan kelegaannya meski berdimensi mungil, tepatnya kei-car.

Seperti yang diketahui, kei-car merupakan klasifikasi mobil dengan dimensi tidak lebih dari 3,4 meter untuk panjang, 1,48 meter untuk lebar, dan 2 meter untuk tinggi, serta mesin juga tidak lebih dari berkapasitas 660 cc berdasarkan regulasi lalu-lintas Jepang.

Baca Juga:
Generasi Terbaru Honda Accord Resmi Meluncur, Tampilan Kian Sporty dengan Teknologi Terkini

Honda EV-STER (sumber: Honda)

Dalam perhelatan Tokyo Motor Show 2011, awalnya dikonsepkan sebagai sportscar bertenaga listrik dan itulah mengapa dinamakan Honda EV-STER.

Honda S660 Concept (sumber: Honda)

Honda S660 Concept Edition (sumber: Honda)

Kemudian dalam perhelatan Tokyo Motor Show 2013, konsep tersebut berubah menjadi sportscar bermesin bensin dan ketika menjadi mobil produksi pada tahun 2015, tidak jauh dengan mobil produksinya sampai Honda merilis S660 Concept Edition sebanyak 660 unit ketika awal perilisannya.

Honda S600 (sumber: Honda)

Inspirasi S660 dapat dikatakan dari Honda S Series seperti “S500”, “S600”, dan “S800” karena atap terbuka dan memiliki kabin lega dengan dimensi mungilnya, serta nama dengan nomenklatur “S”-nya.

Honda Beat (sumber: Honda)

Namun di sisi lain, karena berjenis kei-car dan bermesin tengah, S660 juga bisa dibilang terinspirasi Honda Beat, sportscar yang pernah diproduksi oleh Honda pada tahun 1991 sampai 1996.

Namun bedanya jika Beat mesin 660 cc-nya naturally aspirated yang bertenaga 63 hp di rpm 8.100, sementara S660, mesinnya dari kei-car N-BOX dengan turbo desain baru dengan tenaga 63 hp di rpm 6.400.

Dari perpaduan itulah S660 dikembangkan dengan kata kunci “Heart Beat Sport”, hingga menjadi sportscar menyenangkan dari segala aspek, seperti menyenangkan untuk dikendarai, menyenangkan untuk dilihat, dan selalu menyenangkan di berbagai situasi.

S660 yang dipajang di Dreams Cafe bertipe “α” (alpha) dengan paduan warna silver dan hitam di peleknya, serta bertransmisi CVT, yang sebetulnya di Jepang sana transmisi manual 6-percepatan juga tersedia.

Pada dasarnya S660 hanya dipasarkan di Jepang dan kehadirannya di Indonesia hanya melalui importir umum, karena HPM belum pernah merilisnya secara resmi.

Hanya saja Honda mengumumkan bahwa S660 akan dihentikan peredarannya mulai tahun 2022 dan sekarang peredarannya relatif dibatasi, bahkan sudah tidak bisa lagi mengecek estimasi harga di website Jepang-nya.

S660 menjadi terkenal di Indonesia semenjak dipakai influencer otomotif Ridwan Hanif Rahmadi dalam pembuatan video YouTube Cabrio Challenge bersama Fitra Eri, Motomobi, dan Arief Muhammad.

(Joule)