Bisa Buat Drifting Hingga Off-Road, Rays Rilis Gram Lights 57DR-X2

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 20/Jun/2021 10:05 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Rays Engineering merilis sebuah pelek terbarunya yang menargetkan kendaraan berjenis SUV yaitu Gram Lights 57DR-X2.

Gram Lights 57DR-X2 menargetkan SUV non-ladder frame dengan ban All-Terrain yang akhir-akhir ini menjadi tren. Oleh karena itu Rays melakukan kombinasi konsep antara pelek jalan raya dan off-road di Gram Lights 57DR-X2.

Baca Juga:
Jadi Semakin Stylish, Bartega Berikan Sentuhan Karya Seni Visual Modern di Wuling Alvez

Gram Lights 57DR (sumber: Rays)

Baca Juga:
Mitsubishi XFC Concept Menarik Perhatian Pengunjung IIMS 2023 Asal Surabaya, Begini Impresinya

Sisi pelek jalan raya Gram Lights 57DR-X2 ada pada desain palang enam tradisional Rays yang menjadi basis, dan proses knurling agar ban tetap menempel apabila membutuhkan tekanan ban rendah seperti untuk drifting.

Baca Juga:
Pakai Teknologi Proses Pembuatan Baru, Rays Engineering Luncurkan Pelek Gram Lights 57DNA

Gram Lights 57DR-X (sumber: Rays)

Kemudian sisi off-road-nya ada di palang lebih tebal untuk ketangguhan melewati berbagai kondisi medan dan bobot SUV yang relatif berat, sekaligus menjaga estetika pelek yang standarnya menggunakan PCD besar seperti baut enam.

Gram Lights 57DR-X2 (sumber: Rays)

Hasilnya, Gram Lights 57DR-X2 terlihat seperti gabungan antara pelek sport dan off-road dari segi estetika maupun fungsi sehingga cocok untuk SUV non-ladder frame, meskipun bisa dibilang malah mirip salah satu pelek unggulan Rays yaitu Volk Racing TE37.

Knurling Gram Lights 57DR-X2 (sumber: Rays)

Gram Lights 57DR-X2 memiliki potensi pelek sport aspal dari bobot ringan namun tetap memiliki kekakuan tinggi, namun yang terpenting adalah knurling untuk mencegah ban slip dari peleknya atau kehilangan keseimbangan karena rendahnya tekanan udara.

Seperti yang diketahui, terkadang mobil off-road dikendarai dengan tekanan ban rendah karena suatu hal, dan desain knurling tersebut adalah salah satu bentuk antisipasi agar ban tidak slip atau keluar dari peleknya.

Dop Gram Lights 57DR-X2 (sumber: Rays)

Selain itu, Gram Lights 57DR-X2 terlihat lebih fashionable layaknya pelek sport aspal karena didesain kompatibel untuk pemasangan center cap atau dop, meskipun masih bisa terpasang tanpa dop apabila ingin tampil lebih spartan.

Rays menyediakan dop yang keduanya memiliki kesan tangguh dari desain layaknya pelek off-road dan dirancang menyesuaikan pilihan warna pelek antara Black Graphite dan Dark Bronze.

Sementara sisi off-roadnya, selain palang enam lebih tebal, juga tersediaan ukuran yang hanya 16 inci x 7J, karena umum dipakai untuk bergaya off-road seperti memakai ban All-Terrain, entah pelek tersebut lebih besar atau kecil dari OEM-nya.

Contoh pemasangan pelek Gram Lights 57DR-X2 di SUV non-ladder frame (sumber: Rays)

Dilihat dari ketersediaan PCD yang hanya 5/114,3, terlihat sudah bahwa Gram Lights 57DR-X2 menargetkan SUV non-ladder frame yang umumnya memiliki spek PCD seperti itu.

(Joule)