Baru Meluncur di Indonesia, Ini Dia Referensi Modifikasi BMW M4 G82

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 02/Jul/2021 10:00 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – BMW M4 generasi kedua atau G82 baru-baru ini meluncur untuk pasar Indonesia. Namun jauh sebelum masuk ke Indonesia, sudah ada beberapa tuner yang membuat referensi modifikasi, termasuk dari pabrikannya sendiri.

Modifikasi yang ditawarkan umumnya menawarkan peningkatan performa untuk sportscar tersebut, baik itu mesin maupun handling. Berikut tuner dan modifikasi yang ditawarkan.

Baca Juga:
Siap Ngebut di Sirkuit, BMW M5 Competition Anyar Dibekali Mesin Paling Bertenaga

M Performance

Baca Juga:
Kembali Hadir di Indonesia, Ini Dia 6 Referensi Modifikasi BMW Seri-3 Wagon Terbaru

(sumber: BMW)

Misalnya kurang puas dengan performa standar M4, BMW masih menyediakan parts M Performance meskipun lebih fokus ke handling dan atmosfir layaknya mobil balap.

Baca Juga:
Kurang Puas Dengan M Performance? Manhart Sediakan Tuning untuk BMW M3 Generasi Terbaru

(sumber: BMW)

Pertama dari perangkat aerodinamika untuk eksterior seperti front splitter, mirror caps, air breather, aero flicks, side skirt, rear winglet, rear diffuser, dan rear spoiler yang semuanya terbuat dari carbon fiber. Dengan material carbon fiber membuat M4 bisa melaju lebih kaku tanpa beban berlebih.

Knalpot titanium bukan hanya membuat tampilan dan suaranya lebih sporti tetapi juga mereduksi bobot kendaraan karena materialnya lebih ringan sekitar 5 kg.

Suspensi coilover membuat pengendalian lebih tajam walau menikung dalam kecepatan tinggi sekalipun karena pengembangan dan tuning dilakukan langsung oleh divisi motorsport berdasarkan perbedaan kondisi sirkuit, sekaligus tampilan lebih sporti karena lebih ceper 10 mm.

Seperti halnya suspensi, brake pad M performance juga langsung dari divisi motorsport yang membuat jarak pengereman lebih pendek, respon karakteristik lebih baik, dan lebih tahan terhadap suhu tinggi.

Untuk penampilan lebih sporti sekaligus menjaga khasnya BMW, M Performance juga menyediakan pelek forged Y-Spoke 963M dengan ukuran 19 inci di depan dan 20 inci di belakang, atau 20 inci di depan dan 21 inci di belakang.

(sumber: BMW)

Agar atmosfir motorsport lebih terasa begitu masuk ke kabin, M Performance menyediakan LED door projector, door sill carbon, jok Alcantara, paddle shifter carbon, dan setir Alcantara yang lebih nyaman digenggam dan rasa lebih direct.

AC Schnitzer

(sumber: AC Schnitzer)

Tuner asal Jerman yang memiliki pengalaman panjang dengan BMW, untuk saat ini baru parts upgrade ringan di eksterior, interior, dan sebagian handling. Sementara untuk upgrade dengan tahap lanjut seperti mesin dan knalpot misalnya, baru akan tersedia nanti.

Sambil menunggu parts upgrade tahap lanjut dirilis, setidaknya pelanggan masih bisa tampil lebih gaya dengan front splitter, rear roof spoiler, carbon rear spoiler, side skirt protection foil, rear skirt protection foil, dan emblem AC Schnitzer.

(sumber: AC Schnitzer)

AC Schnitzer menyediakan dua pilihan model pelek yaitu AC3 Lightweight Forged wheels dan AC1 Light Alloy Wheels yang keduanya dengan spek 20 inci x 10 J dengan ban 285/30 R20 untuk depan dan 295/30 R20 untuk belakang.

Di sektor suspensi ada spring kit yang membuatnya lebih ceper sekitar 20-25 mm untuk bagian depan dan 15-20 mm untuk bagian belakang.

Untuk interior lebih sporti, AC Schnitzer menyediakan gear shift paddle, pedal, footrest, dan key holder yang semuanya bermaterial aluminium.

Hamann

(sumber: Hamann)

Meski memiliki pengalaman panjang dengan BMW seperti AC Schnitzer, Hamann hanya menyediakan pelek untuk M4. Berdasarkan keterangan di website resmi, M4 sudah memiliki power package yang sempurna di dalamnya sehingga tidak perlu banyak ubahan, paling tidak pelek saja.

Hamann menyediakan tiga model pelek yaitu Vision, Challenge, dan Anniversary Evo yang tentunya berorientasi pada performa karena merupakan bagian dari tuning program-nya.

(sumber: Hamann)

Untuk Hamann Vision, awalnya pelek tersebut eksklusif untuk Ferrari, tetapi sudah tersedia untuk M4. Pelek forged yang ringan namun kuat meningkatkan kenikmatan berkendara dan kepadatan materialnya meningkatkan pendinginan pada rem.

(sumber: Hamann)

Kemudian Hamann Challenge cocok untuk pelanggan yang ingin tampil lebih agresif serta menonjolkan fancy-nya brake caliper M4.

(sumber: Hamann)

Berikutnya untuk Hamann Anniversary Evo, desain monoblock multi-spoke classic-nya cocok untuk garis bodi M4. Bobot lightweight aluminium alloy memiliki high loading capacity tinggi sehingga meyakinkan apabila mobil tersebut dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Untuk speknya, Hamann merekomendasikan 21 inci x 9 ET35 dengan ban 255/30 R21 untuk depan dan 21 inci x 10,5 ET45 dengan ban 305/25 R21 untuk belakang.

Manhart

(sumber: Manhart)

Dari sekian tuner yang menggarap M4, baru Manhart yang all-out semenjak sudah sampai menggarap upgrade mesin.

Dalam program tuning tersebut, untuk bodi produk Manhart hanya hood dengan GTR inlets dan diffuser yang bermaterial carbon serta decal set. Selebihnya M Performance, seperti front spoiler, rear spoiler, side skirt, dan aero flicks.

(sumber: Manhart)

Kemudian Manhart menyediakan pelek Concave One dengan spek 21 inci x 9 ET30 dengan ban 255/30 ZR21 untuk depan dan 21 inci x 10 ET 40 dengan ban 295/25 ZR21 untuk belakang yang kedua sisinya membutuhkan spacer 22 mm.

Agar pengendalian lebih baik, Manhart juga menyediakan Variant 4 suspension kit buatan KW Suspensions dan Lowering kit buatan H&R yang membuatnya lebih ceper 30 mm untuk depan dan 10 mm untuk belakang.

Sementara untuk sistem pengereman tetap standar, tetapi Manhart menyediakan opsi individual tuning berdasarkan permintaan.

Untuk mesin, Manhart menyediakan upgrade peningkatan tenaga standar 510 HP menjadi 635 HP dan torsi dari 650 Nm menjadi 780 Nm.

Sementara untuk sistem pembuangan, Manhart menyediakan stainless steel exhaust system with valve control dengan ujung knalpot 4 x 100 mm bermaterial carbon atau ceramic.

Manhart juga menyediakan downpipe tanpa catalytic converter, OPF-delete pipes with 200 cells HJS catalytic converter, dan OPF/GPF delete untuk sistem pembuangan, namun khusus pasar ekspor karena di negaranya yaitu Jerman, tidak ada approval dari asosiasi inspeksi teknikal atau TUV.

Di sektor interior, Manhart hanya menyediakan cover jok dengan corak carbon.

Bagaimana menurut kawan SoundandMachine? (Joule)