Hampir Semua Sektor Kena Up-grade, Ini Modifikasi Brio Turbo Supergiveaway IMX Pekanbaru

  • Oleh : ADV

Senin, 05/Jul/2021 14:38 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Setelah sukses di Makassar pada tanggal 5 Juni 2021 lalu, Road to Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 Series berikutnya akan diadakan di Pekanbaru Riau pada tanggal 7 Agustus 2021 mendatang. 

Untuk Supergiveaway-nya, kali ini IMX menggandeng YouTuber otomotif MotoMobi dalam memodifikasi sebuah Honda Brio dengan konsep berbeda dari sebelumnya, yaitu bergaya rally look dengan turbo, seperti slogannya MotoMobi yaitu ‘Kami Suka Turbo’.

Baca Juga:
Kopling Copper Fiber Clutch System Mugen, Bisa Tingkatkan Performa Honda Civic Type R

“Kami rasa Om Mobi merupakan persona yang tepat untuk mengawal mobil Supergiveaway Road to IMX 2021 Series: Virtual Stage Pekanbaru, karena kali ini kami ingin menampilkan gaya modifikasi yang berbeda, beraura kecepatan namun tetap menampilkan kualitas modifikasi proper yang juga didukung produk-produk aftermarket terbaik,” buka Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Baca Juga:
Antarkan Honda Jadi Juara Dunia Formula 1 2021, Ini Deretan Teknologi Mesin RA621H

Ia menambahkan, pengerjaan modifikasinya hampir menyentuh semua sektor. Mulai dari eksterior, mesin, hingga interior dan kaki-kaki. Untuk sektor eksterior sendiri, sudah dilakukan facelift ke versi Honda Brio 2019, dengan penggantian lampu depan, grille, kap mesin, serta bumper. 

Paket facelift tersebut didukung workshop Dan’s Motor. Nantinya, bumper depan akan diimbuhkan lagi versi custom yang diikuti penambahan side skirt, rear diffuser, air scoop, serta wing di belakang untuk menyenadakan konsep modifikasinya. 

Baca Juga:
Damper Kit Spoon, Bikin Honda Civic Turbo Lebih Agresif di Sirkuit

Ubahan eksterior akan digenapi dengan aplikasi cat putih full body dari Belkote Paints, yang akan dilakukan mulai dari cat primer hingga clear coat-nya. Selain itu pada bagian rocker panel, juga disematkan cat raptor yang kuat terhadap goresan maupun suhu tinggi.

Selain itu untuk kaki-kaki juga sudah dilakukan penggantian produk aftermarket, berupa pelek, ban, dan suspensi. Peleknya memakai produk lokal lansiran Torsion tipe TR20 berukuran 15x7 inci berwarna gunmetal. 

Sementara ban yang dipasang, merupakan tipe high performance merek Yokohama Advan Fleva ukuran 195/50R15. Suspensi pun diganti dengan merek lokal bertipe coilover merek Elder Suspension tipe Infiniti, yang dapat diatur ketinggian dan tingkat kelembutannya, dan ditambahkan dengan peredam per terkenal merek Prime.

Selain eksterior dan kaki-kaki, modifikasi paling menarik juga dari mesinnya. Menurut Andre, mesin standar Brio Satya telah pasang turbo kit dengan instalasi yang reliable untuk pemakaian harian. 

"Kenaikan tenaganya saat ini mencapai 30 dk dibanding standarnya. Force inductionnya kami bangun dengan sangat serius di Garage Autowerk untuk memuaskan performa calon pemiliknya," jelas Andre.

Penggantian pada sektor mesin meliputi pemasangan turbo kit, piping aluminium, piggyback, injector K20A Type R serta intercooler yang membukukan total tenaga 103 dk di roda dengan tekanan boost turbo 1,4 bar.

"Tekanan turbo tersebut mempertimbangkan internal mesin yang masih standar, sehingga masih dapat dipakai harian dengan aman dan nyaman," pungkas Andre. (EPS)