Upgrade Toyota Kijang Innova: Ganti Pelek Diamater Besar yang Aman dan Tetap Nyaman

  • Oleh : anto

Selasa, 13/Jul/2021 13:55 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Tim Soundandmachine.com kali ini berkesempatan memberikan referensi upgrade dari Toyota Kijang Innova 50th Anniversary lansiran 2021, berbasis trim V Luxury 2.0 bensin.

 

Baca Juga:
Bisa Jadi Referensi Modifikasi Nih, Eksterior Toyota Corolla Cross Versi Jepang

Kami bawa mobil ini ke gerai Permaisuri Ban, Jakarta untuk meminta rekomendasi ganti pelek dan ban aftermarket dengan beragam pilihan ukuran yang aman dan nyaman dipakai harian.

 

Baca Juga:
Ini Dia 3 Referensi Modifikasi Untuk Mobil Listrik Nissan Leaf Diluar Referensi Pabrikan

Mengingat dimensi bodi Innova yang besar, namun dengan mengusung pelek bawaan pabriknya yang hanya 16 inci alloy dengan ukuran ban 205/65-R16 terlihat kecil. Membuat mobil keluarga ini jadi kurang proporsional tampilannya.

Baca Juga:
Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Dia Referensi Modifikasi BMW Seri 4 Terbaru

“Kami memberikan rekomendasi modifikasi atau upgrade yang ‘proper’ dalam arti pemakaian masih enak dan nyaman, juga tetap safety,” jelas Eric Tanzil dari Permaisuri Ban.

 

Menurutnya, secara teknis Innova reborn bisa dipasangkan pelek berdiameter 20 inci, namun banyak konsumennya meminta supaya penggantian pelek baru tidak merepotkan ketika dipakai harian.

 

“Jadi kami sarankan pilihan pelek di lingkar 18 inci dan 19 inci dengan ban profil tebal yang ukurannya banyak dijual di pasaran,” sambung pria berkacamata ini.

 

Sebagai mobil dari pabrikan Jepang, Innova ini disodorkan pilihan pelek made in Japan beragam ukuran yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Eric menyebut, benefit dari pelek berbobot enteng membuat kinerja kaki-kaki juga lebih ringan. Lalu pemasangan juga ‘plug and play’ sesuai spek roda standarnya yang punya ukuran PCD 5x114.3 (lima lubang baut), jadi tidak perlu ada ubahan berarti.

 

Pilihan pertama dipasangkan pelek produksi RAYS seri Gram Lights 57CR ukuran 19 x 8.5 inci dengan inside +45, ukuran bannya 245/45-R19. Tampak ruang roda masih lega ketika dijejali roda besar ini.

 

“Soal kenyamanan engga perlu khawatir, karena profil ban termasuk masih tebal jadi tetap aman karena total diameter pelek dan ban barunya ini 99% sama dengan diameter roda standarnya,” yakin Eric.

Klaimnya, kenyamanan pun masih sama dengan ketika masih pakai roda standarnya. Lalu untuk pemakaian ‘daily use’ pun tidak perlu ubah suspensi bawaan.

 

Selanjutnya dipasang pelek WEDS ukuran 18 x 9.5 inci, inside +45 dengan ukuran ban 235/50-R18. Dimensi ini tentunya masih tetap aman diaplikasikan.

 

“Semakin lebar peleknya, sepanjang rata bodi masih aman. Pelek lebih lebar, napaknya lebih banyak, handling-nya juga lebih enak,” sahut Choky dari Permaisuri Ban.

Pilihan lain, disodorkan pelek Black Rhino Sand Storm 17 inci bergaya All Terrain Style ala offroad, ukuran bannya 215/55-R17. Diyakini tetap senada, apalagi Innova punya DNA ala SUV.

 

Kemudian ada pilihan pelek Rojam Special Edition ukuran 20 x 8 inci dengan pasangan ukuran ban 245/40-R20.

 

“Yang penting total diameter rodanya dengan standarnya masih sama, jadi masih aman untuk berkendara, ruang roda dalam juga tidak ngesrot dan tidak keluar fender,” tambah Choky.

Menurutnya, Innova paling besar bisa bisa dipasangkan pelek sampai diameter 22 inci. “Tapi yang kita rekomendasikan maksimal 20 inci saja. Karena kalau pelek diameter makin besar, profil atau dinding ban jadi makin tipis,” jelasnya.

 

Efeknya tentu akan mengurangi kenyamanan. “Kalau di Permaisuri Ban kita bisa fitting dulu di mobil untuk pelek pilihannya, jadi engga perlu khawatir dan engga mengira-ngira, jadi bisa dicoba dulu,” tutup Choky.

 

Rekomendasi pilihan pelek untuk Innova ini juga bisa langsung disimak videonya di kanal YouTube : Sound and Machine. (anto)