Intip Nih! Referensi Pelek yang Bikin Suzuki XL7 Tampil Lebih Gaya

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 15/Jul/2021 14:04 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Suzuki XL-7 merupakan low SUV berbasis low MPV Suzuki Ertiga yang berarti bukan hanya menawarkan ketangguhan layaknya sebuah SUV, tetapi juga kemampuan muat banyak layaknya sebuah MPV.

Kombinasi tersebut, dikemas dengan penampilannya yang stylish dan tentunya masih bisa dibuat lebih gaya, dengan mengganti pelek standarnya. Untuk mendapat jawaban mengenai pelek yang membuat XL-7 tampil lebih gaya, kami mendatangi gerai pelek Autostyle di Sunter, Jakarta Utara.

Baca Juga:
Tampil Gahar dan Lebih Detail, Mz Speed Rilis Parts Eksterior untuk New Suzuki Jimny

Amin Sutiono, pemilik gerai Autostyle, berpikiran untuk mengganti pelek 15 inci yang notabene lebih kecil dari standarnya yaitu 16 inci, karena konsep rally look.

"Sebenernya mobil ini lebih cocok diturunin jadi 15 inci." ujar Amin kepada SoundandMachine di Autostyle (2/10/2020). "Kita kasih model ala reli, peleknya warna hitam atau bronze, bannya pake yang A/T (All-Terrain)." sambungnya.

Baca Juga:
Modifikasi Suzuki New Carry Pick-Up, Usung Konsep Unik dan Maksimalkan Fungsi

Namun sayangnya ketika kami mendatangi Autostyle, pelek model reli dengan ukuran tersebut tidak ada stoknya dan sebagai gantinya menggunakan pelek 17 inci Motegi Racing MR150 17 dengan ban 205/50/R17.

Baca Juga:
Siap Kemah, Suzuki Pamerkan XL7 Modifikasi Campervan di Pameran IIMS Hybrid 2022

Pelek tersebut memang lebih besar 1 inci dari ukuran standarnya, tetapi modelnya masih reli sehingga menjadi alternatif untuk gaya rally look yang diusung Amin.

Kemudian untuk pelek yang paling besar dari standar ideal yaitu 18 inci, Amin memberi sampel dengan pelek model Volk Rays TE37V dengan ban 215/45/R18.

Mengenai lebar ban, Amin menyarankan paling lebar 50 untuk menghindari mentok karena meskipun berjenis SUV, ternyata ruang fender XL-7 lumayan terbatas.

Kesimpulannya, XL-7 lebih pas dengan pelek yang berkarakter maskulin seperti pelek model rally dengan ban all-terrain untuk menegaskan karakternya sebagai SUV.

Namun misalnya selera lebih condong ke city slicker, tidak salah juga jika memilih pelek dengan ukuran 2 inci lebih besar dari standar karena rumah rodanya cukup besar, meskipun ruang fender-nya relatif terbatas sehingga disarankan memakai lebar ban tidak lebih dari 50.

Untuk visual bergeraknya, kawan SoundandMachine bisa tonton video berikut ini,

(Joule)