Tawarkan Handling Lebih Baik, 3D Design Rilis Suspensi Harmonic Drive BMW X4 M

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 23/Jul/2021 16:36 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Tuner spesialis BMW asal Jepang, 3D Design, merilis suspensi harmonic drive untuk BMW X4 M yang mampu meningkatkan kualitas berkendara (handling) sekaligus penampilan mobil menjadi lebih baik.

Baca Juga:
Siap Ngebut di Sirkuit, BMW M5 Competition Anyar Dibekali Mesin Paling Bertenaga

BMW X4 M (sumber: 3D Design)

Baca Juga:
Kembali Hadir di Indonesia, Ini Dia 6 Referensi Modifikasi BMW Seri-3 Wagon Terbaru

Suspensi harmonic drive 3D Design meningkatkan kualitas berkendara lebih baik karena mampu menjaga kenyamanan selama berkendara di jalan umum namun tetap mengasyikkan saat menikung.

3D Design berpikiran, respon setir yang linear, termasuk saat menyalurkan ke jalan memang faktor esensial untuk suspensi sport, tetapi menjaga kualitas berkendara juga penting.

Baca Juga:
Kurang Puas Dengan M Performance? Manhart Sediakan Tuning untuk BMW M3 Generasi Terbaru

Oleh karena itu suspensi harmonic drive dirancang menyeimbangkan elemen yang berkonflik antara berkendara untuk sport dan kenyamanan, karena memiliki kemampuan mengikuti permukaan jalan dalam level tinggi.

Suspensi tersebut juga membuat mobil bukan hanya lebih stabil tetapi juga lebih akurat untuk memastikan stabilitasnya dalam menjejaki driving line yang diinginkan berada di tikungan kecepatan tinggi, sehingga membuat rasa berkendara menjadi lebih aman dan menyenangkan.

Damping adjustment suspensi harmonic drive dapat disetel hingga 20 langkah yang terdiri dari +10 dan -10. Untuk X4 M, damping adjustment untuk suspensi belakang dilakukan dengan menaikkan tray untuk kompartemen bagasi

Damper suspensi harmonic drive bertipe strut dengan desain single-cylinder inverted yang memiliki kekakuan tinggi sehingga membuat handling lebih tajam. Namun untuk X4 M single cylinder inverted hanya depannya saja, sementara belakangnya single-cylinder.

Untuk X4 M suspensi harmonic drive sudah dilengkapi canceller untuk menghilangkan tanda peringatan, karena damper bawaannya dikontrol dengan elektronik dan memiliki kemampuan mendeteksi bahwa suspensi yang dipakai bukan standarnya hingga mengeluarkan peringatan.

Tak ketinggalan, kemampuan menurunkan ground clearance membuat tampilan X4 M menjadi lebih menarik, terutama kalau peleknya sudah diganti. Namun untuk penurunan ground clearance, 3D Design merekomendasikan 30 mm lebih rendah.

BMW X3 M (sumber: 3D Design)

Meski secara teknis sama dan bobotnya tidak jauh berbeda dengan X4 M, 3D Design belum konfirmasi soal kompatibilitas suspensi harmonic drive apabila dipasangkan ke BMW X3 M.

(Joule)