Buat yang Suka Nyetir, Ini Tips Aman Berkendara di Malam Hari

  • Oleh : ADV

Rabu, 28/Jul/2021 13:43 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Mengemudi pada kondisi malam hari, memang menyenangkan dikarenakan kondisi jalan yang cenderung lebih lenggang. Bagi sebagian orang, menganggap mengemudi pada malam jauh lebih rileks. 

Kondisi sekitar jalan yang relatif sepi serta minus sinar matahari membuat mengemudi malam hari menjadi pilihan. Secara biologis, malam hari merupakan waktu tepat untuk beristirahat karena pada dasarnya manusia tergolong mahluk yang hidup pada siang hari (daytime). 

Baca Juga:
Astra Hadirkan Compact SUV Peugeot 2008, Harga Tak Sampai Rp 500 juta

Jika mengemudi pada kondisi malam hari tetap menjadi pilihan, pengemudi harus mempersiapkan beberapa hal. Pertama, pengemudi harus sudah cukup beristirahat agar konsentrasi berkendara dalam kondisi fit dan tidak mengantuk. 

Selain itu, kendaraan juga telah dipersiapkan dengan baik sebelum melakukan perjalanan. Seperti mengecek kondisi lampu utama (dekat dan jauh), rem, sein, dan lainnya dapat berfungsi dengan normal.

Baca Juga:
Ini yang Bikin Suspensi Peugeot 3008 & 5008 Active Tetap Nyaman

Perlu juga diwaspadai, mengemudi malam hari bisa menjadi hidden killer bila Anda tidak bisa mengantisipasi dengan tepat dan benar. Contohnya, saat berpapasan dengan kendaraan yang mengaktifkan lampu jauh (high beam) di depannya, pandangan pengemudi langsung merespons negatif.

Baca Juga:
Meski Belum Diresmikan, Peugeot 2008 Sudah Bisa Dipesan dengan DP Rp 49 Juta

Seketika pandangan gelap dan kabur. Kondisi buta sementara akan mendera (blind temporary) pengemudi. Butuh waktu bagi mata untuk kembali ke pandangan normal. Inilah yang terjadi saat pandangan terkena sorot lampu jauh (high beam) dari kendaraan yang berlawanan.

Pengemudi dituntut konsentrasi tinggi dan tetap di jalur yang aman. Kondisi fisik prima serta refleks gerak tubuh mesti dalam kondisi baik untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Saat berbelok di jalan yang minim penerangan, juga harus lebih ekstra berhati-hati. Kondisi samping jalan yang gelap dapat menipu mata padahal terdapat lubang yang harus dihindari pengemudi.

Beberapa mobil keluaran terbaru, seperti Peugeot 3008 dan 5008 memiliki fitur foglamp yang juga berfungsi sebagai turning light. Lampu foglamp akan secara otomatis menyala sesuai arah belok kemudi saat melakukan manuver kendaraan.

Fitur ini sangat berguna untuk menghindari lubang atau berbagai hal yang perlu dihindari kendaraan saat berbelok. Selain itu, lampu utama pada beberapa mobil modern juga sudah menggunakan teknologi full LED Projector, yang memberikan pencahayaan sangat terang dan fokus tanpa menyilaukan kendaraan di arah yang berlawanan. (EPS)