Dibanderol Mulai dari Rp 416 Jutaan, Ini Spesifikasi Honda Civic Generasi Terbaru Untuk Pasar Jepang

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 05/Agu/2021 14:40 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Honda telah resmi memasarkan Civic generasi terbaru yaitu kesebelas, dengan harga mulai dari 3.190.000 Yen atau sekitar Rp 416,9 Juta untuk pasar Jepang atau JDM.

Baca Juga:
Animo Semakin Tinggi, JDM Funday 2024 Siap Meriahkan Sirkuit Mandalika dan Pariwisata NTB

(sumber: Honda)

Civic JDM hanya tersedia bodi hatchback karena berkaca dari pengalaman Honda memasarkan varian sedan di generasi kesepuluh yang seret penjualan, dan sekarang posisinya digantikan oleh Insight dengan mesin hybrid.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

Honda Civic tipe EX (sumber: Honda)

Honda Civic tipe LX (sumber: Honda)

Selain itu Civic JDM memiliki dua tipe yaitu LX sebagai tipe paling rendah, dan EX sebagai tipe paling tinggi yang memiliki perbedaan di eksterior dan interior.

Untuk eksterior, baik tipe EX maupun LX keduanya memakai pelek standar 18 inci, namun dibedakan dengan warnanya, yaitu berlina black dan dark cutting clear untuk EX dan berlina black dan cutting clear untuk LX.

Active Cornering Light khusus Honda Civic tipe EX (sumber: Honda)

LED Foglamp Honda Civic tipe EX (sumber: Honda)

Lampu depannya sudah full LED dengan daytime running, auto-leveling, dan auto-light control mechanism sebagai bagian dari sistem keselamatan aktif, tetapi khusus tipe EX ditambah active cornering light dan fog lamp-nya memakai LED.

 

Interior Honda Civic tipe EX (sumber: Honda)

Interior Honda Civic tipe LX (sumber: Honda)

Di sektor interior, material prime smooth pada joknya dikombinasikan dengan ultra suede untuk tipe EX, sedangkan tipe LX dikombinasikan dengan fabric. Kedua jok tersebut berwarna hitam, tetapi khusus tipe EX dilengkapi aksen merah pada joknya.

Di balik jok tersebut keduanya dilengkapi pemanas, namun power seat 8-way untuk jok pengemudi dan 4-way untuk jok penumpang depan yang hanya ada di tipe EX.

Dasbor Honda Civic tipe EX (sumber: Honda)

Dasbor Honda Civic tipe LX (sumber: Honda)

Baik tipe EX maupun LX setirnya dibungkus material kulit, namun aksen merah hanya ada di tipe EX. Kemudian untuk panel instrumen digital, tipe EX memakai 10,2 inci, sementara tipe LX 7 inci.

Audio Bose Honda Civic tipe EX (sumber: Honda)

Khusus tipe EX sudah dilengkapi wireless charger dan audio sistem Bose premium sound system dengan teknologi Centerpoint dan speaker sebanyak 12 buah.

Mesin yang digunakan masih sama seperti Civic Hatchback JDM sebelumnya, yaitu L15C dengan tenaga 182 HP dan torsi 240 Nm yang disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6-percepatan atau CVT untuk semua tipe.

Sekedar tambahan informasi, mesin L15C tenaganya 9 PS lebih besar dari L15B yang ada di Civic Hatchback keluaran APM dan masih berada di generasi kesepuluh.

Bobotnya juga masih sama yaitu 1.330 kg namun untuk tipe LX dan bertransmisi manual 6-percepatan, sementara untuk transmisi CVT 10 kg lebih berat. Untuk tipe EX, baik varian transmisi manual maupun CVT keduanya 10 kg lebih berat.

Transmisi CVT Honda Civic (sumber: Honda)

CVT-nya sudah dilengkapi drive mode switch dimana pengemudi bisa menikmati tiga rasa berbeda ketika berakselerasi, yaitu Normal, Eco, dan Sport.

Mode normal untuk pengemudi yang antara pengin santai dan cepat, mode eco untuk berkendara hemat bahan bakar sehingga cocok untuk mengemudi santai, dan Sport untuk rasa lebih direct dan bertenaga sehingga cocok apabila ingin bergerak cepat atau sekedar menikmati performanya.

Sistem keselamatan aktif Honda SENSING Honda Civic (sumber: Honda)

Airbag Honda SENSING Honda Civic (sumber: Honda)

Untuk sistem keselamatan aktif, Honda SENSING sudah menjadi standar untuk kedua tipe, begitu juga blind spot information. Sementara sistem keselamatan aktif, airbag untuk kaki pengemudi dan penumpang depan sudah menjadi standar.

Jadi seperti itulah Civic hatchback generasi kesebelas untuk pasar Jepang. Semoga saja fiturnya tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, termasuk ketersediaan varian transmisi manual 6-percepatan.

(Joule)